Jakarta (ANTARA) - Saham-saham Eropa naik pada awal perdagangan hari Jumat, mengikuti sentimen optimis dari Wall Street di tengah harapan pemulihan ekonomi global yang lebih cepat, sementara saham di bursa Frankfurt, Jerman mengalami penurunan setelah data menunjukkan penurunan pesanan industri.

Indeks STOXX 600 naik 0,2 persen dan melanjutkan kenaikan beruntun terpanjang sejak akhir Desember. Indeks ini juga naik 3,5 persen selama sepekan, berada di jalur kinerja mingguan terbaik sejak November.

Pasar saham di seluruh dunia menguat di tengah ekspektasi stimulus besar oleh pemerintahan Presiden AS Joe Biden.

Sementara itu indeks DAX Jerman turun 0,1 persen setelah data menunjukkan pesanan untuk barang-barang buatan Jerman turun lebih besar dari yang diperkirakan pada Desember, mengakhiri tujuh bulan berturut-turut pertumbuhan yang positif karena aksi pembatasan-pembatasan untuk menahan pandemi COVID-19 menyeret turun permintaan dari sejumlah negara lain di zona euro.

Sanofi SA naik 2,6 persen karena produsen obat Prancis itu mengatakan berusaha meningkatkan laba per saham tahun ini setelah membukukan hasil kuartalan yang lebih kuat dari perkiraan.

BNP Paribas turun 0,4 persen karena pengeluaran terkait pandemi menggerogoti laba bersih bank tersebut pada kuartal keempat.



Baca juga: Saham Eropa naik tipis karena keuntungan UBS melonjak

Baca juga: Saham Eropa tergelincir saat Carrefour hentikan pembicaraan merger

Baca juga: Bursa saham Eropa catat rekor kerugian harian terburuk


Penerjemah: Biqwanto Situmorang
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2021