Gorontalo (ANTARA) - Ikatan Keluarga Alumni Universitas Hasanuddin (IKA Unhas) Provinsi Gorontalo mengirim bantuan kemanusiaan untuk korban bencana gempa bumi di Sulawesi Barat (Sulbar).

Ketua IKA Unhas Gorontalo Dahlan Usman di Gorontalo Jumat menjelaskan bantuan yang terdiri dari bahan pokok, kebutuhan bayi, pakaian, dan selimut itu digalang dari alumni Unhas di daerah tersebut.

Baca juga: PMI distribusikan makanan tambahan untuk bayi di lokasi pengungsian

Selain itu, bantuan juga masuk dari beberapa universitas di Gorontalo, seperti STIKES Bakti Nusantara, Universitas NU, Universitas Gorontalo, HMI Cabang Limboto, serta MAN Insan Cendekia.

“Penggalangan kami lakukan selama dua minggu, dan sudah kami kirimkan sebanyak satu truk sebagai sumbangsih kami kepada korban bencana di Sulbar," katanya.

Baca juga: Pelni serahkan bantuan untuk korban bencana Sulbar

Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim melepas pengiriman bantuan tersebut.

“Saya apresiasi kepada IKA Unhas Gorontalo yang menggalang dan menyalurkan bantuan untuk meringankan beban saudara-saudara kita yang tertimpa bencana alam gempa bumi di Mamuju dan Majene, Sulawesi Barat,” kata Idris.

Baca juga: FPPI minta bantuan UEA untuk Sulbar jangan ditumpuk

Gempa bumi dengan kekuatan 6,2 magnitudo melanda Sulbar pada pertengahan Januari 2021 lalu.

Untuk membantu korban gempa, pada tanggal 23 Januari 2021 Pemprov Gorontalo telah mengirimkan bantuan kemanusiaan yang terdiri dari 33 relawan Taruna Siaga Bencana (Tagana) dan 12 personi Pangkalan TNI AL Gorontalo.

Ada juga bantuan mobil operasional seperti mobil dapur umum, tangki air minum, serta truk untuk alat angkut.

“Bantuan ini merupakan bentuk empati dan rasa peduli untuk korban gempa di Sulbar yang hingga saat ini masih banyak yang tinggal di tempat-tempat pengungsian,” ujarnya.

Ia juga mengimbau masyarakat Gorontalo untuk membantu korban di Sulbar, dalam bentuk apapun yang dapat disumbangkan.

Pewarta: Debby H. Mano
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2021