Jakarta (ANTARA) - Universitas Negeri Jakarta (UNJ) berhasil meraih akreditasi unggul pada reakreditasi perguruan tinggi yang diselenggarakan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT).

“Akreditasi Unggul yang diraih UNJ saat ini menunjukkan bahwa UNJ merupakan salah satu kampus terbaik di Indonesia yang memiliki berbagai prestasi yang dapat dibanggakan. Kami siap menuju kampus bereputasi di kawasan Asia,” ujar Rektor Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Prof Dr Komarudin MSi, dalam keterangannya di Jakarta, Jumat.

Tim Asesor menggunakan kriteria baru yang terdiri atas sembilan kriteria yakni visi, misi, tujuan, dan strategi, tata pamong, tata kelola, dan kerja sama, mahasiswa, sumber daya manusia, keuangan, sarana dan prasarana, pendidikan, pengabdian pada masyarakat, penelitian, dan luaran dan capaian Tridharma perguruan tinggi.

Dari 9 kriteria tersebut, UNJ memperoleh skor yang sangat memuaskan, dengan total skor mencapai 366.

Baca juga: Wisuda virtual, UNJ targetkan berperan untuk Indonesia hingga dunia

Baca juga: UNJ gunakan robot pengganti mahasiswa dalam prosesi wisuda 2019/2020

 

Peraturan BAN-PT Nomor 1 Tahun 2020 menyebutkan akreditasi perguruan tinggi tidak lagi menggunakan model A, B, dan C. Dalam peraturan tersebut BAN PT telah mengeluarkan Regulasi IAPS 4.0 dan IAPT 3.0 yang merupakan instrumen terbaru untuk melihat kualifikasi perguruan tinggi dan kualitas program studi pada Perguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Swasta.

Salah satu yang berubah pada Peraturan BAN-PT Nomor 1 Tahun 2020 adalah istilah peringkat akreditasi atau peringkat terkareditasi menjadi unggul, baik sekali dan baik atau tidak terakreditasi.

Rektor UNJ juga mengucapkan terima kasih kepada segenap sivitas UNJ yang telah membantu dan mendukung proses reakreditasi UNJ ini.

“Terimakasih kepada keluarga besar UNJ, baik dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, dan alumni termasuk di dalamnya para mitra dan pengguna yang telah mendukung jalannya proses reakreditasi UNJ ini, dan syukur alhamdulillah UNJ mendapat akreditasi unggul,” ujar dia.

Dia berharap raihan akreditasi unggul tersebut dapat menjadi motivasi bagi UNJ untuk terus mempertahankan dan meningkatkan prestasi dan reputasi UNJ.

“Akreditasi UNJ yang unggul menjadi modal bagi UNJ untuk menjadi kampus terbaik di Indonesia dan menuju kampus bereputasi di kawasan Asia,” kata dia.

Ke depan, yang diperbaiki adalah sistem informasi. Hal itu dikarenakan ranking Webometrics untuk UNJ masih menempati peringkat 58. Pihaknya mengatakan akan bekerja keras memperbaiki sistem informasi di kampus itu.*

Baca juga: Dewas KPK: Firli Bahuri-Karyoto tak langgar kode etik perkara OTT UNJ

Baca juga: UNJ kembangkan program olahraga terintegrasi


Pewarta: Indriani
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021