Jadi nanti ada fitur ketika pelanggan masuk ke dalam bus
Jakarta (ANTARA) - PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) merencanakan pembuatan fitur tambahan dalam aplikasi TIJE sehingga memungkinkan pelanggan memberikan nilai atau rating kepada sopir atau pun bus milik TransJakarta.

Direktur Eksekutif Transformasi Digital TransJakarta Gidionton Saritua, mengatakan meski baru ditambahkan enam fitur bagi pelanggan lewat peluncuran aplikasi #TIJEyangbaru secara daring, pengembangan fitur- fitur tambahan yang memudahkan pelanggan memberi kritik dan saran berjalan secara digital.

"Jadi nanti ada fitur ketika pelanggan masuk ke dalam bus, aplikasi (TIJE) bisa mengetahui pelanggan naik bus apa dan di bus itu diketahui juga sopirnya siapa sehingga pelanggan bisa memberikan rating kepada sopirnya, memberikan rating kepada busnya termasuk kebersihan busnya," kata Gidionton dalam peluncuran aplikasi TIJE secara daring di Jakarta, Jumat.

Gidion mengatakan fitur itu tidak hanya menguntungkan pelanggan tapi juga menguntungkan TransJakarta sehingga dapat dengan mudah mendapatkan respon untuk meningkatkan kualitas layanan salah satu BUMD DKI Jakarta itu.

"Kita tidak perlu lagi mencari kertas, mengirimkan kuesioner satu-satu. Karena setiap orang sudah kita mintai responnya secara digital dari aplikasi mereka," ujar Gidion.

Baca juga: TransJakarta luncurkan aplikasi #TIJEyangbaru

Lebih lanjut, Gidion belum mau mengungkapkan secara pasti waktu peluncuran fitur pemberian nilai atau rating untuk bus dan sopir itu.

"Itu nanti tahapan selanjutnya. Dalam bulan-bulan berikutnya setiap pelanggan kita akan bisa melihat lompatan-lompatan yang jauh yang akan TransJakarta lakukan untuk pelanggan kita," ujar Gidion.

Sebelumnya, TransJakarta baru saja meluncurkan enam fitur terbaru pada aplikasi TIJE sehingga mempermudah masyarakat khususnya pelanggan TransJakarta untuk mengakses layanan TransJakarta.

Ada pun enam fitur terbaru yang terdapat dalam aplikasi #TIJEyangbaru adalah sebagai berikut:

1. Beranda yang sederhana
Tampilan muka atau kerap dikenal sebagai "homepage" saat ini menjadi lebih mudah diakses dengan desain yang sederhana dan disertai warna cerah.

Baca juga: TransJakarta aktifkan kembali rute 9H Blok M-Cipedak

2. Tjari Rute
Fitur ini memungkinkan pelanggan merencanakan perjalanan, mengetahui posisi halte terdekat hingga mengukur waktu perjalanan.

3. Tjari Bus
Pelanggan dapat menggunakan fitur ini untuk mengetahui posisi bus yang akan digunakan. Tidak hanya mengetahui posisi bus saat itu juga (realtime), pelanggan dapat mengetahui detail seperti nomor bus hingga jenis bus.

4. Informasi Rute
Pelanggan dapat mengecek rute TransJakarta yang beroperasi atau pun tidak lewat fitur Informasi Rute.

5. Informasi Halte
Pelanggan dapat mengetahui posisi halte, selain itu dapat mengetahui halte dalam posisi dibuka atau tidak.

6.Loyalti-Je
Fitur terbaru ini memungkinkan pengguna aplikasi Tije memiliki poin yang dapat dikumpulkan dengan membeli QR tiket dan poin itu ditukarkan dengan hadiah hiburan menarik.

Baca juga: TransJakarta merenovasi 11 halte untuk tingkatkan pelayanan

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2021