Jakarta (ANTARA) - Alaves memetik kemenangan perdana mereka di era kepelatihan Abelardo Fernandez saat menundukkan tamunya, Valladolid, dengan skor tipis 1-0 dalam laga pekan ke-22 Liga Spanyol di Stadion Mendizorroza, Jumat waktu setempat (Sabtu WIB).

Abelardo ditunjuk menjadi pelatih kepala baru Alaves sejak 12 Januari, menggantikan Pablo Machin yang baru menjabat lima bulan dan dianggap gagal meraih hasil positif.

Abelardo mewarisi Alaves yang berada di urutan ke-16 klasemen dengan 18 poin setelah hanya meraih empat kemenangan dan delapan kali menelan kekalahan dalam 18 pertandingan pertama musim 2020/21.

Namun, pelatih berusia 50 tahun itu mengawali tenornya dengan kekalahan memalukan 0-5 kontra tim strata kedua Almeria di babak 16 besar Copa del Rey, sebelum melewati tiga pertandingan pertama di Liga Spanyol dengan dua kekalahan dan satu hasil imbang.

Abelardo akhirnya memetik tiga poin perdananya bersama Alaves, berkat gol semata wayang yang dicetak Joselu ke gawang Valladolid.

Baca juga: Tim strata kedua Almeria cukur Alaves 5-0 dalam Copa del Rey

Penyelesaian akhir masih menjadi masalah utama Alaves di laga kali ini, setelah lima percobaan tembakan mereka sepanjang babak pertama tak satu pun menemui sasaran ke gawang Valladolid.

Serangan Alaves sedikit membaik di babak kedua dan empat menit selepas sepak lanjut, Florian Lejeune melepaskan tembakan jarak jauh yang sayangnya masih mampu diamankan kiper Jordi Masip.

Lantas pada menit ke-51, Valladolid balas mengancam lewat aksi Roque Mesa yang berusaha menyelesaikan umpan kiriman Luis Perez.

Kebuntuan akhirnya pecah pada menit ke-66 saat umpan silang Martin Aguirregabiria berhasil disambut dengan sempurna oleh Joselu untuk menjebol gawang Valladolid dan membawa Alaves memimpin.

Baca juga: Hazard dan Benzema bawa Real gulung Alaves 4-1
Baca juga: Cadiz kembali ke jalur kemenangan setelah bekuk Alaves


Alaves terus melancarkan serangan dan tiga menit jelang bubaran Edgard Mendez hampir mengunci kemenangan lebih dini jika saja tandukannya tak dimentahkan Masip dan bola muntah bisa dimanfaatkan lebih baik oleh Ruben Duarte.

Beruntung bagi Alaves, Valladolid tak bisa berbuat banyak di sisa waktu yang ada, memastikan mereka mengantungi tiga poin penuh dari pertandingan kali ini.

Alaves untuk sementara mentas dari zona degradasi dan naik ke urutan ke-15 dengan raihan 22 poin, termasuk melompati Valladolid (20) yang menelan kekalahan ketiga dalam lima pertandingan terakhirnya dan melorot ke posisi ke-17, demikian catatan laman resmi Liga Spanyol.

Kedua tim akan kembali merumput pada Sabtu (13/2) pekan depan, saat Alaves menyambangi markas Barcelona dan Valladolid melakoni laga tandang kontra Eibar.

Baca juga: Klasemen Liga Spanyol: Atletico terus melaju demi unggul 10 poin
Baca juga: Luis Suarez masih tak tahu alasan Barca melepasnya
Baca juga: Ansu Fati jalani operasi lutut yang kedua

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2021