Satgas COVID-19 Bangka Barat evakuasi 11 pekerja Kapal Conoco

Satgas COVID-19 Bangka Barat evakuasi 11 pekerja Kapal Conoco

Sekretaris Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Bangka Barat Sidharta Gautama. ANTARA/ Donatus Dasapurna.

Mentok, Babel (ANTARA) - Satuan Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bersama Satgas Angkutan Laut Pelabuhan Tanjungkalian Mentok, mengevakuasi 11 orang pekerja yang berada di Kapal Conoco Philips Gresik karena mengalami gejala terpapar virus corona jenis baru.

"Mereka kami evakuasi setelah sebelumnya kapten kapal tersebut dinyatakan positif COVID-19 dan langsung menjalani perawatan di RS Bakti Timah Pangkalpinang," kata Sekretaris Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Bangka Barat Sidharta Gautama di Mentok, Sabtu.

Ia menjelaskan, 11 orang pekerja Kapal Conoco tersebut selanjutnya dijemput dan diantarkan ke Wisma Karantina Pemkab Bangka Barat untuk mengetahui kondisi kesehatan sekaligus menjalani isolasi.

"Ada beberapa yang mengalami gejala yang mengarah ke situ, sehingga kami perlu melakukan langkah penjemputan dan ditindaklanjuti dengan tindakan pelayanan sesuai kebutuhan masing-masing," katanya.

Baca juga: Tempat terbatas, Bangka Barat ajak RT/RW dampingi warga isolasi

Sidharta mengatakan, seluruh kru kapal tersebut telah menjalani tes antigen dan diketahui hasilnya positif, selanjutnya mereka diperiksa dengan tes usap.

"Sampel tes usap sudah dikirim ke laboratorium dan mudah-mudahan segera bisa diketahui hasilnya sebagai dasar penanganan selanjutnya," ujarnya.

Untuk sementara, kata dia, sambil menunggu hasil tes usap keluar para awak kapal tersebut diisolasi di Wisma Karantina Pemkab Bangka Barat.

Baca juga: Sebanyak 183 pasien COVID-19 di Bangka Barat dinyatakan sembuh
Baca juga: Satgas perpanjang kebijakan tes antigen di Pelabuhan Tanjungkalian

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Menhub terapkan pembatasan penerbangan dari India

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar