Jakarta (ANTARA) - Sejumlah pertandingan Liga Belanda harus ditunda setelah muncul peringatan dari otoritas setempat mengenai kemungkinan badai salju yang melanda Negeri Kincir Angin ini.

Laga-laga yang ditunda itu adalah yang dilangsungkan Minggu, sedangkan klub-klub yang bertanding Sabtu, kickoff lebih cepat dari jadwal semula.

"KNMI (badan pemantau cuaca milik pemerintah Belanda) telah mengeluarkan kode merah untuk Minggu dan kami telah sepakat satu sama lain dalam sepak bola bahwa kami tidak akan bermain sepak bola jika kode merah," kata manajer kompetisi Liga Belanda Jan Bluyssen dalam laman De Telegraaf, Minggu.

Ada empat jadwal pertandingan yang ditunda yang seharusnya diadakan Minggu yakni Ajax melawan FC Utrecht, Willem II menghadapi ADO Den Haag, Groningen menantang Feyenoord, dan VVV Venlo versus Sparta Rotterdam.

​​​​Belum ada pengumuman kapan laga itu akan digelar. Otoritas sepak bola Belanda, KNVB, masih akan memantau berapa lama badai berlangsung.

Penundaan ini dikritikan keras oleh pelatih Feyenoord Dick Advokaat yang menilai seharusnya KNVB mengumumkannya lebih awal apabila sudah mengetahui badai akan datang.

Ajax juga mengonfirmasi perihal penundaan ini dalam laman resminya. Menariknya laga Ajax vs FC Utrecht juga pernah ditunda tahun lalu dalam bulan yang sama saat badai Ciara menerjang negara tersebut.

"Pertandingan akan dijadwalkan ulang secepatnya. Secara kebetulan, pertandingan melawan FC Utrecht juga ditunda setahun yang lalu seperti saat ini. Pada saat itu, badai Ciara menjadi penyebabnya," tulis Ajax.

 

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2021