Hidangan khas yang wajib hadir saat Imlek

Hidangan khas yang wajib hadir saat Imlek

Pekerja merapikan kue keranjang khas Imlek di Serpong, Tangerang Selatan, Banten, Sabtu (6/2/2021). Panganan khas Imlek ini masih banyak dicari warga keturunan Thionghoa, meski permintaan tidak setinggi tahun-tahun sebelumnya akibat dari pandemi COVID-19. ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/foc.

Jakarta (ANTARA) - Perayaan Tahun Baru China akan berlangsung pada 12 Februari, suasana Imlek pun sudah sangat kental mulai dari makanan yang dijual hingga ornamen warna merah.

Merayakan Imlek tidak lepas dari ritual makan bersama, menu yang dihadirkan pun tidak boleh sembarangan karena setiap hidangan memiliki doa dan harapan.

Setidaknya ada lebih dari 10 makanan yang wajib hadir dalam perayaan Imlek, berikut adalah daftarnya.

1. Siu mie

Siu mie atau mi goreng wajib hadir dalam perayaan Imlek. Sebab mie ini memiliki makna panjang umur, kebahagiaan dan rejeki yang berlimpah.

Mie ini juga harus disantap secara utuh hingga bagian paling ujung dari mie.

2. Ikan bandeng

Menu ini dianggap dapat membawa rejeki dan bisnis yang lancar. Ikan pun harus disajikan secara utuh.

Kepala ikan harus diarahkan ke tamu terhormat atau orangtua yang berarti menunjukkan rasa hormat. Para anggota keluarga lainnya baru bisa menyantap ikan ini setelah orang yang menghadap ke arah kepala ikan sudah mulai makan.

Baca juga: Jelang Imlek, Presiden China kumpulkan tokoh masyarakat non-partai

3. Bebek panggang

Bebek panggang merupakan simbol dari kemakmuran. Dengan menyantap hidangan ini diharapkan bisa semakmur para raja.

4. Jiaozi

Mirip seperti dim sum, menu ini merupakan hidangan khas Imlek untuk keluarga. Jiaozi memiliki makna akan harapan pada rejeki yang melimpah dan kerukunan di dalam keluarga.

Baca juga: Dengan prokes ketat, TSI Cisarua siapkan acara Imlek di Istana Panda

5. Yu Sheng

Menu ini merupakan salad yang berisi sayur, ikan, buah dan mie. Maknanya adalah memiliki keberuntungan di tahun yang baru.

Cara memakannya adalah setiap anggota keluarga memegang sumpit masing-masing. Pada hitungan ketiga, salad diaduk secara bersamaan. Semakin tinggi adukan maka akan semakin baik.

6. Manisan

Manisan biasanya disajikan dalam kotak atau tempat berbentuk persegi delapan. Kehadiran manisan ini memiliki makna seperti manisan biji teratai yang melambangkan kesuburan dan manisan leci sebagai lambang keluarga yang kuat.

Baca juga: Dior x Stussy luncurkan koleksi Imlek

Pewarta: Maria Cicilia
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Menarik, Masjid Muhammad Cheng Hoo Jambi diresmikan saat Imlek

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar