Jakarta (ANTARA) - Rangkaian perkenalan budaya Jepang selama sekitar dua pekan, Japan Cultural Week (JCW) yang diselenggarkan The Japan Foundation, Jakarta kembali hadir.

Tahun ini, kegiatan akan berlangsung secara daring melalui platform media sosial the Japan Foundation, Jakarta pada 12-27 Februari mendatang.

Ada beragam kegiatan gratis yang dijadwalkan terlaksana salah satunya sesi bincang bersama animator Ryotaro Miyajima pada 21 Februari pukul 15.00 WIB di kanal YouTube the Japan Foundation, Jakarta.

Baca juga: Festival Kebudayaan Moshi-Moshi dihadiri ribuan pengunjung

Dia akan berbicara tentang bagaimana ia membuat animasi dan menunjukkan karya terbarunya "CASTLE" yang telah memenangkan 13 penghargaan di Jepang maupun internasional.

Kegiatan lainnya yakni pengenalan upacara minum teh khas Jepang (Sadou) melalui kanal YouTube the Japan Foundation, Jakarta pada 16 Februari 2021 pukul 14.00 WIB.

Kemudian, workshop Shiori Ningyo pada 22 Februari pukul 15.00 WIB di Instagram @jf_jakarta. Secara harfiah, Shiori memiliki arti pembatas buku dan Ningyo berarti boneka, jadi Shiori Ningyo adalah pembatas buku pipih bergaya boneka Jepang yang terbuat dari kertas washi yaitu kertas yang dibuat dari serat lokal dengan cara yang tradisional.

Ada juga demonstrasi Ikebana dari Mata Ikenobo dan Ohara pada 23 Februari 2021 pukul 14.00 WIB di laman YouTube the Japan Foundation, Jakarta, Chanoyu, diskusi mengenai budaya kerja antara Indonesia dan Jepang serta pendidikan di Jepang.

Selain itu, ada Rakugo atau seni bercerita tradisional Jepang pada 27 Februari 2021 pukul 15.30 WIB melalui zoom dan kanal Youtube the Japan Foundation, Jakarta.

Baca juga: Keio Plaza Hotel Tokyo gelar kursus merangkai bunga "Ikebana"

Rakugo mengisahkan cerita humor yang dibangun dari dialog dengan klimaks cerita yang tidak terduga. Cerita dikisahkan sedemikian rupa sehingga di akhir cerita ada klimaks berupa punch line (disebut ochi atau sage) yang membuat penonton tertawa.

Bagi yang tertarik pada topik kesenjangan bisnis dan budaya kerja antara Indonesia dan Jepang, bisa menyaksikan Japanese Business Culture Talk Series pada 27 Februari 2021 pukul 10.00 (dengan registrasi). Narasumber yang akan hadir, Senior lecturer & researcher in Japanese Corporate Culture, Japanese Department, BINUS University, Elisa Carolina Marion.

Anda yang ingin menguji kemampuan bahasa Jepang setingkat A1/A2 dan B1 bisa ikut serta melalui kuis interaktif Minato Quiz! pada 26 Februari 2021 pukul 15.00 WIB melalui Instagram @jf_jakarta (dengan registrasi).


Baca juga: Festival salju Sapporo tetap berlangsung secara virtual

Baca juga: Festival Film Jepang 2020 hadir secara virtual

Baca juga: "Eternally Younger Than Those Idiots", atasi trauma lewat persahabatan

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021