pembatalan operasional KA Kaligung terjadi sejak Sabtu (6/2) dan sampai saat ini belum juga dapat dioperasikan.
Cirebon (ANTARA) - Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 3 Cirebon, Jawa Barat, Suprapto mengatakan banjir yang terjadi di Semarang mengakibatkan operasional KA Kaligung relasi Stasiun Cirebon Prujakan ke Semarang Poncol dibatalkan.

"Operasional KA Kaligung relasi Stasiun Cirebon Prujakan ke Semarang Poncol dibatalkan imbas banjir Semarang," kata Suprapto di Cirebon, Minggu.

Suprapto mengatakan pembatalan operasional KA Kaligung terjadi sejak Sabtu (6/2) dan sampai saat ini belum juga dapat dioperasikan.

Baca juga: Gapeka baru, perjalanan KA Argo Cheribon berkurang mulai 10 Februari

Banjir yang melanda Semarang, lanjut Suprapto, juga membuat perjalanan kereta mengalami perubahan pola operasi dengan harus memutar.

"Rute kereta tujuan Surabaya yang seharusnya melewati Semarang, Tegal, Cirebon saat ini diubah menjadi Solo, Kroya, Purwokerto, Cirebon," tuturnya.

Baca juga: Pemkot Madiun-INKA operasikan kereta medis untuk isolasi COVID-19

Sementara itu untuk penumpang dengan tujuan Pekalongan dan Semarang dialihkan dengan moda transportasi bus yang telah disiapkan KAI.

"Perubahan tersebut berdampak pada kelambatan kedatangan dan keberangkatan KA di Stasiun Cirebon maupun Cirebon Prujakan," katanya.

Atas keterlambatan keberangkatan dan kedatangan kereta, Daop 3 Cirebon menyampaikan permohonan maaf kepada para pengguna jasa.

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2021