Akan coba kami lanjutkan seperti 'big promo' dan Bantuan Insentif Pemerintah (BIP)
Belitung, Babel (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI Sandiaga Salahuddin Uno menyiapkan program guna mendorong pemulihan sektor ekonomi kreatif saat pandemi COVID-19.

"Kami ingin para pelaku ekonomi kreatif bangkit di saat sulit dan menang melawan COVID-19," kata Sandiaga Uno ketika mengunjungi Desa Ekonomi Kreatif Terong di Sijuk, Belitung, Bangka Balitung, Minggu.

Menurut dia, selama ini telah ada beberapa program yang dinilai dapat membantu pelaku ekonomi kreatif sehingga program tersebut akan dilanjutkan pada tahun 2021 ini.

Baca juga: Menparekraf dorong pelaku ekonomi kreatif tingkatkan kapasitas produk

"Akan coba kami lanjutkan seperti 'big promo' dan Bantuan Insentif Pemerintah (BIP)," ujarnya.

Menurut dia, pemerintah juga akan memperluas program pemulihan sektor ekonomi kreatif seperti pemberian dana hibah pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Sekarang sedang diusahakan dan nantinya akan disalurkan termasuk kepada pelaku wisata dan ekonomi kreatif di Belitung," ujarnya.

Baca juga: Menparekraf ajak insan radio kampanye Bangga Buatan Indonesia

Ia mengajak pemerintah provinsi dan kabupaten untuk memberikan keberpihakan kepada pelaku ekonomi kreatif misalnya sub sektor seni pertunjukan agar dapat mengakses virtualisasi kegiatan seni.

"Jadi festival yang akan dilakukan seperti triathlon, maupun festival budaya, musik, akan diberikan panduan, supaya ini juga ada program pemerintah melalui MICE ('meeting, invention, convention and exhibition') agar mereka mendapat akses lagi kegiatan mereka. Paling tidak agar bisa bertahan," katanya.

Baca juga: Kunjungi pelaku ekraf, Sandiaga kagum pembuatan kapal kayu di Belitung

Pewarta: Kasmono
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2021