Sepak Bola Dunia

Gol semata wayang Gignac buka jalan Tigres ke final Piala Dunia Klub

Gol semata wayang Gignac buka jalan Tigres ke final Piala Dunia Klub

Penyerang Tigres UANL Andre-Pierre Gignac (kanan) merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Palmeiras pada pertandingan semifinal Piala Dunia Klub yang dimainkan di Stadion Education City, Al Rayyan, Qatar, Minggu (7/2/2021). ANTARA/REUTERS/MOHAMMED DABBOUS.

Jakarta (ANTARA) - Gol semata wayang Andre-Pierre Gignac membuka jalan klub Meksiko Tigres UANL ke final Piala Dunia Klub, setelah kemenangan 1-0 mereka atas Palmeiras pada pertandingan yang dimainkan di Stadion Education City, Al Rayyan, Qatar, Minggu setempat atau Senin dini hari WIB.

Gignac membukukan gol tersebut melalui eksekusi penalti pada menit ke-54. Berkat kemenangan tersebut, Tigres akan menanti pemenang antara pertandingan Bayern Munich melawan Al Ahly pada final yang akan dimainkan pada Kamis (11/2), demikian catatan laman resmi FIFA.

Keberhasilan Tigres sekaligus menandai pertama kalinya tim perwakilan CONCACAF dapat melaju ke final Piala Dunia Klub.

Baca juga: Dua gol Gignac bantu Tigres menang 2-1 atas Ulsan Hyundai

Kiper Palmeiras Weverton menjadi bintang pada babak pertama, berkat dua penyelamatan bagusnya. Namun ia tidak berdaya menggagalkan penalti Gignac, yang diberikan akibat Luan melanggar Carlos Gonzalez di kotak terlarang.

Gol yang dicetak Gignac membuat mantan pemain Marseille itu telah menyarangkan tiga gol dari dua pertandingan, setelah dua golnya ke gawang Ulsan Hyundai pada putaran sebelumnya mengamankan kemenangan 2-1 Tigres.

Pada fase akhir pertandingan, Palmeiras yang mengamankan gelar Piala Libertadoresnya berkat gol yang tercipta pada masa akhir pertandingan final, berusaha habis-habisan menggempur gawang tim Meksiko tersebut.

Namun upaya keras mereka tidak melahirkan banyak peluang, dan tim Brasil itu harus merelakan tiket final melayang ke Meksiko.

Baca juga: Menuju Qatar, Bayern dibuat berang tertahan tujuh jam di bandara

Al Duhail taklukkan Ulsan

Pada pertandingan yang dimainkan lebih awal, juara Qatar Al Duhail menaklukkan juara Liga Champions Asia Ulsan Hyundai dengan kemenangan 3-1, pada pertandingan perebutan peringkat kelima.

Al Duhail membuka keunggulan pada menit ke-21 melalui gol penyerang asal Brasil Edmilson Junior. Gol tersebut merupakan satu-satunya gol yang tercipta sebelum turun minum.

Ulsan sempat menyamakan kedudukan melalui gol Bit Garam Yoon pada menit ke-62. Namun penyelesaian pemain pengganti Mohammed Muntari pada menit ke-66 merestorasi keunggulan Al Duhail, dan Almoez Ali menambahi gol ketiga bagi klub Qatar itu pada menit ke-82.

Baca juga: Inilah tim-tim yang akan bersaing dengan Bayern di Piala Dunia Klub
Baca juga: FIFA uji coba aturan baru pergantian pemain dalam Piala Dunia Klub

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar