Mereka mengalahkan kami karena konsentrasi para pemain yang buyar dan pengambilan keputusan keliru
Jakarta (ANTARA) - Manajer West Bromwich Albion Sam Allardyce menyoroti konsentrasi para pemainnya yang buyar kala dibekuk Tottenham Hotspur 0-2 dalam lanjutan Liga Inggris di London, Minggu.

"Sayangnya, mereka mengalahkan kami karena konsentrasi para pemain yang buyar dan pengambilan keputusan keliru yang harus dibayar mahal," kata Allardyce selepas laga dilansir laman resmi West Brom.

Penampilan kontra Tottenham diyakini Allardyce ia masih memiliki pekerjaan besar untuk membenahi lini pertahanan West Brom di tiap sesi latihan dan menerjemahkannya dalam pertandingan.

"Gol-gol yang masuk ke gawang kami bukanlah sesuatu yang tidak bisa dihindari, artinya pekerjaan saya di sesi latihan harus bisa menanamkan prinsip penting di benak para pemain, agar itu terjaga di pertandingan," katanya.

"Itu bukanlah kesalahan kecil, tapi harus kami bayar dengan mahal. Kami seharusnya bisa menciptakan pengawalan meyakinkan di lini belakang dan kiper," ujar Allardyce menambahkan.

Baca juga: Tottenham akhirnya kembali ke jalur kemenangan saat bungkam West Brom

Allardyce merasa West Brom mampu menciptakan peluang, kendati belum cukup bisa mengkonversinya menjadi gol, tetapi permasalahan utama timnya tetaplah mengetatkan lini pertahanan.

Mbaye Diagne hampir membawa West Brom memimpin jelang turun minum jika saja tandukannya tak dimentahkan kiper Hugo Lloris dan hal itu harus dibayar mahal sebab The Baggies kemudian dijebol Harry Kane dan Son Heung-min di awal babak kedua.

Diagne lantas dua kali menjebol gawang Tottenham, tetapi kedua golnya itu dianulir wasit karena offside.

"Penyelamatan dari kiper Tottenham sebelum turun minum cukup disayangkan, karena itu peluang yang sangat bagus untuk Mbaye dan seharusnya membawa kami unggul setelah pertahanan yang bagus untuk meredam serangan lawan," kata Allardyce.

"Kami sudah membuktikan bisa menembus kotak penalti lawan dan menciptakan peluang, tetapi tim ini harus bisa memperbaiki aspek pertahanan dan menghentikan lawan memperoleh kesempatan mencetak gol," pungkasnya.

West Brom yang kini melakoni lima laga tanpa kemenangan tertahan di urutan ke-19 klasemen dengan koleksi 12 poin, serta terancam melorot jadi juru kunci jika Sheffield United (11) mampu menang di laga lebih larut.

Tim besutan Allardyce selanjutnya akan bertandang ke Old Trafford menantang Manchester United pada Minggu (14/2) pekan depan.

Baca juga: Aspek emosional pemain Tottenham buat Mourinho sumringah
Baca juga: Dua blunder Alisson hadiahkan kemenangan bagi City di Anfield
Baca juga: Everton tahan seri MU lewat gol detik-detik terakhir

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2021