Pangkalpinang (ANTARA) - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman Djohan menyatakan UNESCO segera menetapkan Belitung sebagai bagian UNESCO Global Geopark, sehingga destinasi wisata di negeri laskar pelangi semakin terkenal di dunia internasional.

"Kita optimistis, Geopark Belitung segera ditetapkan UNESCO, karena nilai yang diraih tertinggi di Indonesia," kata Erzaldi Rosman Djohan di Pangkalpinang, Senin.

Ia menyakini Geopark Belitung segera meraih status UNESCO dengan skor 850 yang merupakan nilai tertinggi yang pernah diperoleh Indonesia pada ujian akhir sidang konsel dari UNESCO Global Geopark yang dilaksanakan 8 Desember 2020 lalu.

Baca juga: Kementerian PPN ajukan Geopark Belitung jadi geopark internasional

"Saya bangga dengan tim persiapan Geopark Belitong. Ini sudah final dan tinggal di clearkan saja hingga sertifikat tersebut dapat kita terima pada April tahun ini," ujarnya.

Kepala Badan Pengurus Geopark Belitong, Yuspian, mengatakan Geopark Belitung tinggal menunggu undangan pemanggilan Babel atas geosite-geosite di Belitung yang telah diajukan pada November 2020 lalu untuk diakui UNESCO.

"Nilai tinggi yang diraih Babel hingga mencapai skor 850 untuk Geopark Belitong, merupakan nilai tertinggi yang pernah diperoleh Indonesia dalam pengalaman mengajukan diri menjadi Geopark UNESCO dalam standar skor penilaian tertinggi 1.000 poin," katanya.

Baca juga: Di APGN Lombok, Belitung-Toba dibahas jadi geopark dunia

Menurut dia Badan Pengelola Geopark Pulau Belitong sendiri adalah badan pengelola yang dibentuk bersama oleh Pemerintah Kabupaten Belitung dan Belitung Timur. Tugasnya adalah mengembangkan potensi warisan geologi Pulau Belitong sehingga dapat memberikan efek kesejahteraan bagi masyarakat.

"Sebenarnya Babel bukan lagi dalam rangka berjuang untuk status UNESCO Global Geopark (UGG), akan tetapi lebih dari itu. Dari nilai itu sudah dapat dipastikan bahwa Belitung lolos," ujarnya.

Ia menambahkan, apalagi Belitung sudah dinyatakan lulus oleh sidang konsel. Jadi, nanti di April mendatang jika tidak ada perubahan jadwal, akan segera dikukuhkan atau disahkan atau ketok palu untuk Belitung Geopark UNESCO," ungkapnya bersemangat.

"Ke depan kita akan mempersiapkan dan memberdayakan tim Geopark Belitong, mengingat banyak sekali daya tarik dari geopark disini," katanya. 

Pewarta: Aprionis
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2021