... Tetap siapkan Satgas Penanggulangan Bencana untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan, dihadapkan situasi cuaca yang masih kurang bagus, serta beberapa gunung api yang mulai aktif...
Jakarta (ANTARA) - Komandan Korps Marinir TNI AL, Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono, memimpin upacara penerimaan 99 personel Satuan Tugas Bantuan Kemanusiaan Korps Marinir TNI AL yang telah selesai melaksanakan evakuasi korban banjir dan gempa.

Siaran pers Dinas Penerangan Korps Marinir TNI AL, di Jakarta, Senin, upacara berlangsung di Lapangan Apel Brigade Infanteri 1 Marinir Korps Marinir TNI AL, di Ksatrian Marinir Hartono, Cilandak, Jakarta Selatan, Senin.

Upacara diawali laporan Komandan Satgas, Mayor Marinir Muhsin, yang sehari-hari menjabat sebagai komandan Batalion Angkutan Bermotor 1 Korps Marinir TNI AL, dilanjutkan pemeriksaan pasukan, amanat, dan diakhiri pembacaan doa.

Baca juga: Satu batalyon prajurit marinir siaga bencana

Dalam amanatnya, Suhartono menyampaikan selamat datang dan selamat bergabung kembali dengan induk pasukan. "Tetap siapkan Satgas Penanggulangan Bencana untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan, dihadapkan situasi cuaca yang masih kurang bagus, serta beberapa gunung api yang mulai aktif," kata dia.

Sebagai wujud implementasi dari tugas pokok operasi militer selain perang, Korps Marinir TNI AL segera merespon secara cepat perintah dari Panglima TNI, Marsekal TNI Dr. Hadi Tjahjanto, tentang penanggulangan bencana alam di seluruh Tanah Air.

Baca juga: Marinir Buka Jalur Evakuasi Hingga Dekati Merapi

Personel Korps Marinir TNI AL yang tergabung dalam Satgas Bantuan Kemanusiaan TNI Penanggulangan Banjir, telah melaksanakan evakuasi dan dukungan dapur lapangan sebagai sarana bantuan logistik kepada masyarakat yang terdampak banjir di Kalimantan Selatan terhitung mulai 16 Januari hingga 7 Februari 2021.

Baca juga: Satgas Marinir tembus daerah terisolir distribusikan bantuan di Kalsel

Demikian pula dengan personel di bawah pimpinan Letnan Dua Laut (Khusus) dr Andre Prasetyo Mahesa yang tergabung dalam Satgas Kesehatan Bantuan Kemanusiaan TNI Penanggulangan Gempa yang telah melaksanakan tugas bantuan kesehatan kepada masyarakat di pengungsian daerah Mamuju Sulawesi Barat terhitung mulai tanggal 15-28 Januari 2021.

Baca juga: Marinir kerahkan Satgas Kemanusiaan bantu korban banjir di Banjarmasin

Turut hadir pada upacara yang tetap menerapkan protokol kesehatan itu, yakni Wakil Komandan Korps Marinir TNI AL, Brigadir Jenderal TNI (Marinir) Nur Alamsyah, Inspektur Jenderal Korps Marinir TNI AL, Brigadir Jenderal TNI (Mar) Lasmono, para pejabat utama Markas Komando Korps Marinir TNI AL, pada komandan komando pelaksana Korps Marinir TNI AL, para pejabat utama Pasukan Marinir 1, serta para komandan komando pelaksana Pasukan Marinir 1.

Baca juga: TNI AL kirim Satgas Marinir ke Banjarnegara

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2021