Anies sebut pers berperan jembatani pemerintah atasi COVID-19

Anies sebut pers berperan jembatani pemerintah atasi COVID-19

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberikan sambutan di acara Konvensi Nasional Media Massa dengan tajuk "Pers Nasional Bangkit Dari Krisis akibat COVID-19 dan Tekanan Disrupsi Digital" dalam menyambut Hari Pers Nasional (HPN) 2021 secara virtual, Senin (8/2/2021). ANTARA/Panitia HPN 2021. ANTARA/HO-Panitia HPN/pri.

Lewat peran pers, diharapkan mampu menjembatani kedua sisi tersebut
Jakarta (ANTARA) - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebutkan media massa atau pers berperan besar menjembatani kebijakan pemerintah mengatasi pandemi COVID-19 dan mengingatkan masyarakat untuk disiplin melaksanakan 3M (menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan).

Anies saat diskusi webinar Dewan Pers bertepatan dengan peringatan Hari Pers Nasional di Ancol, Jakarta, Senin, menuturkan DKI Jakarta mendapatkan kehormatan sebagai tuan rumah penyelenggaraan Hari Pers Nasional (HPN) 2021 dalam satu momen pandemi COVID-19.

Dikatakan, pers berkesempatan memainkan peran dalam memerangi serta memutus mata rantai COVID-19 bekerja sama dengan pemerintah melalui kebijakan 3T (testing, tracing, treatment) dan disiplin individu menerapkan 3M.

"Lewat peran pers, diharapkan mampu menjembatani kedua sisi tersebut melalui informasi dan inilah kesempatannya dalam memainkan peran tersebut," ujar Anies.

Baca juga: Anies: Kalahkan COVID-19 panggilan sejarah bagi dunia jurnalistik

Anies menegaskan peran pers juga berkontribusi bangkit dari situasi pandemi COVID-19 dengan memastikan kedua kebijakan itu berjalan dengan baik.

Anies mengharapkan pers tetap menjadi komponen yang turut mencerdaskan kehidupan bangsa, konsisten menjaga objektivitas dan memperkuat bangsa melewati masa pandemi COVID-19.

Anies pun menyampaikan pandemi COVID-19 merupakan torehan sejarah bagi media massa, terlebih pers di Indonesia selalu menjadi bagian penting dalam proses kebangsaan.

"Dari awal pers adalah ujung tombak untuk menggagas dan menyebarkan ide kemerdekaan. Semua tokoh pendorong kemerdekaan adalah penulis dan juga intelektual di masanya. Semua gagasan itu disampaikan dalam bentuk tulisan-tulisan yang menyebar ke berbagai wilayah Indonesia hingga akhirnya kemerdekaan," tutur Anies.

Baca juga: Anies: Krisis COVID-19 butuh keserasian kebijakan makro dan masyarakat

Pada bagian akhir, Anies menyampaikan ucapan terima kasih atas penunjukan DKI Jakarta khususnya Ancol, Jakarta Utara sebagai tuan rumah peringatan HPN 2021.

Pewarta: Taufik Ridwan
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2021

DKI dan Jabar kerja sama di bidang ketahanan pangan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar