Jakarta (ANTARA) - Tokoh pendidikan yang juga pendiri sekolah Labschool YP UNJ Prof Arief Rachman mengatakan pandemi COVID-19 tidak menghalangi minat siswa untuk bersekolah di sekolah terbaik.

“Pandemi COVID-19 tidak menghalangi siswa untuk mendaftar di sekolah unggulan. Besarnya peminat yang masuk Labschool karena awalnya selain karena kesungguhan berangkat dari moto iman, ilmu, amal yang digagas oleh para pendiri Labschool. Hal itulah yang membawa kita kepada keberkahan hingga saat,” ujar Arif dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin.

Baca juga: SMA Labschool lakukan penguatan pendidikan karakter melalui kolaborasi

Baca juga: Kemendikbud apresiasi siswa SMA Labschool juara tingkat internasional


Labschool YP UNJ menggelar seleksi penerimaan siswa baru (PSB) jalur tes untuk SMA Labschool YP UNJ di beberapa lokasi, yakni Rawamangun, Kebayoran, Cibubur dan Cirendeu. Pada 2021, pendaftar jalur tes untuk seluruh Labschool YP UNJ mencapai 2.342 calon siswa. Sebelumnya Labschool YP UNJ juga telah melaksanakan seleksi penerimaan jalur prestasi sebanyak 30 persen dari daya tampung sekolah.

Kepala badan Pengelola Sekolah Prof Dr Achmad Sofyan Hanif MPd mengatakan sebagai sekolah swasta unggulan di DKI Jakarta pelaksanaan PSB Labschool YP UNJ jalur tes tahun ini dilaksanakan sangat berbeda.

“Selain tes secara daring juga bentuk soal yang berbeda menyesuaikan arah evaluasi pendidikan nasional berupa tes skolastik,akademik dan asesmen kompetensi minimal (AKM) serta survei karakter,” jelas dia.

Kegiatan PSB yang pertama kali digelar secara daring itu secara umum berlangsung sukses. Awalnya ada sejumlah kendala sistem yang dikembangkan sendiri, namun dengan berbagai masukan dan upaya serta kolaborasi akhirnya semua kendala dapat tertangani.

Baca juga: Siswa Labschool melawan bahaya sampah elektronik dengan e-Waste

Rektor Universitas Negeri Jakarta Prof Komarudin mengatakan pandemi COVID-19 menuntut semua institusi pendidikan swasta terutama untuk adaptif.

“Hal tersebut tidaklah lain agar sekolah swasta dapat terus menjaga kepercayaan masyarakat untuk terus memberikan layanan pendidikan yang bermutu termasuk bagi Labschool YP UNJ” kata Komarudin.

Pewarta: Indriani
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2021