Jakarta (ANTARA) - Dua gol yang dikemas Robert Lewandowski mengantar Bayern Munich ke final Piala Dunia Klub, setelah tim Jerman itu menang 2-0 atas Al Ahly pada laga semifinal yang dimainkan di Stadion Ahmed bin Ali, Al Rayyan, Qatar, Senin waktu setempat atau Selasa dini hari WIB.

Kedua gol kemenangan Bayern tercipta pada tiap-tiap babak. Penyerang internasional Polandia Lewandowski membuka keunggulan Bayern pada menit ke-17, sebelum ia menggandakan keunggulan timnya melalui gol kedua pada menit ke-86, demikian catatan laman resmi FIFA.

Pada pertandingan final, sang juara Eropa Bayern akan ditantang tim Meksiko Tigres pada Kamis mendatang, sementara Al Ahly akan bertemu juara Amerika Selatan Palmeiras pada pertandingan perebutan peringkat ketiga.

Baca juga: Gol semata wayang Gignac buka jalan Tigres ke final Piala Dunia Klub

Bayern menggebrak sejak awal melalui permainan cepat mereka, dan wakil Afrika Al Ahly harus berterima kasih kepada kiper mereka Mohamed El Shenawy yang mampu mengawal gawangnya sehingga tidak kemasukan pada 15 menit pertama.

Namun dua menit berselang lahirlah gol pemecah kebuntuan. Umpan silang Kingsley Coman dari sisi kanan tertuju kepada Serge Gnabry yang berada dalam posisi menembak, namun ia memilih untuk mengirimkan umpan tarik kepada Lewandowski, yang melakukan satu sentuhan bola sebelum melepaskan sepakan mendatar tanpa dapat diantisipasi El Shenawy.

Al Ahly berusaha segera menyamakan kedudukan. Mereka mendapatkan peluang yang diperlukan, namun sundulan Taher Mohamed dari umpan Mohamed Hany mengarah lurus ke kiper Manuel Neuer.

Di sisi Bayern, Lewandowski, Joshua Kimmich, dan Alphonso Davies menyia-nyiakan peluang untuk membuat Bayern unggul dua gol sebelum turun minum.

Bayern terus menikmati dominasi penguasaan bola dan menciptakan sejumlah peluang pada babak kedua. Sedangkan Al Ahly terpaksa mengandalkan serangan balik, yang membuat mereka kesulitan untuk merepotkan Neuer.

Saat pertandingan memasuki fase akhir, Sane menusuk ke kotak penalti Al Ahly dan mengirimkan umpan silang untuk dengan mudah disambut tandukan Lewandowski yang sama sekali tidak terkawal.

Baca juga: Gol semata wayang El Shahat amankan tiket Al Ahly ke semifinal

Susunan pemain:

Al Ahly (4-2-3-1): Mohamed El Shenawi, Mohamed Hany, Badr Banoune, Ayman Ashraf, Ali Maaloul (Yasser Ibrahim 28'), Hamdi Fathi, Amro Al Sulaya, Hussein El Shahat (Salah Mohsen 69'), Mohamed Magdy (AliouDieng 70'), Taher Mohamed (Mohamed Sherif 83'), Mahmoud Karaba (Walter Bwalya 69')
Pelatih: Pitso Mosimane

Bayern Munich (4-2-3-1): Manuel Neuer, Benjamin Pavard, Jerome Boateng (Niklas Suele 77'), David Alaba, Anthony Davies, Joshua Kimmich, Marc Roca (Corentin Tolisso 69'), Serge Gnabry (Leroy Sane 62'), Thomas Mueller (Eric Maxim Choupo-Moting 62'), Kingsley Coman (Jamal Musiala 77'), Robert Lewandowski
Pelatih: Hansi Flick

Baca juga: Inilah tim-tim yang akan bersaing dengan Bayern di Piala Dunia Klub
Baca juga: Menuju Qatar, Bayern dibuat berang tertahan tujuh jam di bandara
Baca juga: Lewandowski dinobatkan Pemain Terbaik FIFA 2020, Klopp Pelatih Terbaik

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2021