Jakarta (ANTARA) - Platform konferensi video Zoom menambah fitur baru yang dinamai Studio Effects guna memberi pengguna kemampuan untuk mengedit alis, mengubah warna bibir dan menambahkan kumis atau jenggot pada gambar video selama sesi Zoom.

Meskipun Zoom awalnya dibuat sebagai aplikasi untuk pertemuan yang serius, dan sejak saat itu menjadi salah satu layanan yang paling sering digunakan selama pandemi, Zoom telah menambahkan lebih banyak fitur yang menyenangkan, salah satunya mengubah gambar latar belakang.

Baca juga: Saingi Zoom, Microsoft Teams berikan panggilan video gratis

Fitur Studio Effects, menurut laporan The Verge, dikutip Selasa, masih dalam versi beta, namun kehadirannya tidak benar-benar baru. Zoom pertama kali mengumumkannya pada September 2020, namun kini tampaknya mulai banyak pengguna Zoom yang menemukan fitur tersebut.

Fitur tersebut dapat ditemukan di Pengaturan Video saat memulai sesi Zoom. Studio Effects akan ditemukan ketika menekan panah di sebelah "Hentikan Video" pada bagian bawah layar.

Dari sana, pilih "Background & Filters" dan cari "Studio Effects (Beta)" di pojok kanan bawah -- diperlukan untuk mengunduh paket efek filter terlebih dahulu, namun tidak memakan lebih dari satu menit.

Setelah itu, tampilan wajah pada gambar video dapat diedit, misalnya alis tebal dan kumis warna hijau cerah, atau lipstik warna merak merona. Efek tampilan dapat diatur pada setiap sesi pertemuan Zoom yang berbeda.

Baca juga: Zoom tambah fitur resepsionis virtual

Baca juga: Deretan aplikasi populer 2020, dari Zoom hingga Among Us

Baca juga: Zoom garap fitur email dan kalender, saingi Google dan Microsoft

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021