Hadiah insentif terbesar dalam sejarah akan menarik dan menginspirasi para inovator untuk mengembangkan dan mengukur solusi penghilangan karbon untuk memerangi perubahan iklim.

Los Angeles (Antara/Business Wire)- XPRIZE, pemimpin dunia dalam merancang dan meluncurkan kompetisi insentif untuk memecahkan tantangan besar umat manusia, hari ini mengumumkan Penghapusan Karbon XPRIZE senilai 100 juta dolar yang disponsori oleh Elon Musk dan Musk Foundation.

Kompetisi global empat tahun ini mengundang para inovator dan tim dari mana saja di planet ini untuk membuat dan mendemonstrasikan solusi yang dapat menarik karbon dioksida langsung dari atmosfer atau lautan dan menguncinya secara permanen dengan cara yang ramah lingkungan. Untuk memenangkan kompetisi tersebut, tim harus menunjukkan model skala yang tervalidasi dan ketat dari solusi mereka pada tingkat penghilangan karbon 1 ton CO2 per hari, dan selanjutnya harus menunjukkan kepada tim juri kemampuan solusi mereka untuk menskalakan secara ekonomis ke gigaton level. Tujuan XPRIZE ini adalah untuk menginspirasi dan membantu menskalakan solusi yang efisien untuk secara kolektif mencapai target penghapusan karbon 10 gigaton per tahun pada tahun 2050, untuk membantu memerangi perubahan iklim dan memulihkan keseimbangan karbon Bumi.

“Kami ingin membuat dampak yang benar-benar berarti. Negatifitas karbon, bukan netralitas. Sasaran akhirnya merupakan ekstraksi karbon terukur yang diukur berdasarkan 'biaya per ton yang sepenuhnya dipertimbangkan' yang mencakup dampak lingkungan. Ini bukanlah kompetisi teoretis; kami ingin tim yang akan membangun sistem nyata yang dapat membuat dampak terukur dan berskala ke tingkat gigaton. Apa pun yang diperlukan. Waktu adalah yang terpenting,” kata pendiri dan CEO Tesla dan SpaceX, Elon Musk.

“Kami menantang para teknisi, ilmuwan, dan pengusaha untuk membangun serta mendemonstrasikan sistem penghilangan karbon yang berhasil,” ujar Pendiri dan Ketua Eksekutif XPRIZE, Peter H. Diamandis. “Sistem yang dalam sub-skala dapat mendemonstrasikan penghilangan karbon yang nyata dan layak pada 1 ton per hari, dan kemudian menunjukkan kepada kita bagaimana sistem tersebut dapat menskalakan (hemat biaya) untuk menskalakan secara masif ke skala gigaton. Tujuan dari kompetisi ini adalah untuk menginspirasi para wirausahawan dan teknisi untuk membangun solusi penghilangan karbon dioksida, yang banyak di antaranya hanya dibahas dan diperdebatkan. Kami ingin melihatnya dibuat, diuji, dan divalidasi. Kami berharap XPRIZE ini akan mengaktifkan sektor publik dan swasta untuk terlibat dengan cara yang sama seperti yang dilakukan Ansari XPRIZE senilai 10 juta dolar AS dalam industri penerbangan ruang angkasa komersial.”

Agar umat manusia dapat mencapai tujuan Perjanjian Paris untuk membatasi kenaikan suhu bumi hingga tidak lebih dari 1,5˚ (C) dari tingkat pra-industri, atau bahkan 2˚ (C), kita membutuhkan inovasi teknologi yang berani dan radikal serta peningkatan yang melampaui pembatasan emisi CO2, tetapi sebenarnya menghilangkan CO2 yang sudah ada di udara dan lautan. Jika umat manusia melanjutkan jalur bisnis seperti biasa, suhu rata-rata global dapat meningkat 6˚ (C) pada tahun 2100.

Panduan kompetisi lengkap akan diumumkan pada tanggal 22 April 2021, yang juga merupakan Hari Bumi. Pada hari yang sama, pendaftaran tim akan dimulai. Kompetisi tersebut akan berlangsung selama 4 tahun hingga Hari Bumi 2025.

Dompet hadiah 100 juta dolar AS akan didistribusikan dengan cara berikut:

Setelah 18 bulan, atas kebijaksanaan juri kompetisi, 15 tim teratas yang dipilih masing-masing akan menerima 1 juta dolar AS. Milestone Awards akan memulai penggalangan dana tim untuk anggaran operasional mereka guna mencapai demonstrasi skala penuh yang diperlukan untuk memenangkan hadiah.

Dalam jangka waktu yang sama, total dua puluh lima beasiswa murid senilai 200.000 dolar AS akan didistribusikan ke tim murid yang bersaing.

Sisa 80 juta dolar AS di Dompet akan didistribusikan sebagai berikut:

1) Pemenang hadiah utama (Juara 1): 50 juta dolar AS
2) Juara 2: 20 juta dolar AS
3) Juara 3: 10 juta dolar AS

Tim dapat mengirimkan entri tentang solusi alami, perekayasa, dan hibrida. Juri dalam kompetisi akan mengevaluasi tim berdasarkan empat kriteria dasar:

1) Prototipe penghilangan karbon yang berfungsi yang dapat divalidasi secara ketat mampu menghilangkan setidaknya 1 ton per hari.
2) Kemampuan tim untuk menunjukkan kepada juri bahwa solusi mereka dapat secara ekonomis mencapai tingkat gigaton.
3) Metrik utama untuk kompetisi ini sepenuhnya dianggap sebagai biaya per ton, termasuk pertimbangan apa pun yang diperlukan untuk manfaat lingkungan, kelanggengan, produk bernilai tambah apa pun; dan
4) Kriteria terakhir adalah lamanya waktu penguncian karbon yang dihilangkan. Target minimal 100 tahun diinginkan.

“Iklim Bumi kita yang berubah merupakan ancaman mendasar bagi umat manusia. Namun belum terlambat jika kita bertindak SEKARANG! Imajinasi dan kreativitas manusia dapat membentuk masa depan yang lebih cerah dan berkelanjutan di planet yang kita sebut rumah ini,” ucap CEO XPRIZE, Anousheh Ansari. “Dengan menggandeng Elon dan Musk Foundation, kami akan mengumpulkan solusi hemat biaya yang dapat berkembang secara masif di dunia nyata. Melalui kompetisi XPRIZE Carbon Removal, tim diundang untuk mengukir sejarah dan menjadi pahlawan iklim dengan membentuk kembali masa depan kita.

“Kami mengharapkan tim yang sangat beragam dari seluruh dunia untuk mendaftar dan bersaing. Yang menarik dari kompetisi XPRIZE adalah keragaman pendekatan yang diambil oleh tim. Ini sangat cocok untuk menghilangkan karbon karena ada begitu banyak cara untuk menarik CO2 keluar dari udara dan lautan kita. Kami berharap untuk melihat pendekatan seperti penangkapan udara langsung terekayasa, mineralisasi dan pelapukan yang ditingkatkan, solusi alami berdasarkan tanaman, pohon, atau solusi yang berfokus pada laut. Kami menginginkan sebanyak mungkin demonstrasi yang dapat diskalakan sekarang sehingga kami semua dapat membantu solusi terbaik untuk menerapkan secepat mungkin.”

Untuk informasi terbaru mengenai struktur kompetisi dan tanggal penting, silakan kunjungi XPRIZE.org/prizes/elonmusk.

Tonton dan bagikan trailer 90 detik untuk tonggak sejarah XPRIZE skala gigaton 100 juta dolar AS ini.

Tentang XPRIZE

XPRIZE, sebuah organisasi nirlaba 501 (c) (3), adalah pemimpin global dalam merancang dan menerapkan model persaingan inovatif untuk memecahkan tantangan terbesar di dunia. Kompetisi aktif termasuk NRG COSIA Carbon XPRIZE berhadiah 20 juta dolar AS, XPRIZE Rainforest berhadiah 10 juta dolar AS, ANA Avatar XPRIZE berhadiah 10 juta dolar AS, XPRIZE Rapid COVID Testing berhadiah 6 juta dolar AS, IBM Watson AI XPRIZE berhadiah 5 juta dolar AS, XPRIZE Rapid Reskilling berhadiah 5 juta dolar AS, dan Pandemic Response Challenge berhadiah 500 ribu dolar AS. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi xprize.org.

Tentang The Musk Foundation

Musk Foundation membuat dana yang diberikan untuk mendukung: penelitian dan advokasi energi terbarukan; penelitian dan advokasi eksplorasi ruang angkasa manusia; penelitian pediatrik; pendidikan sains dan teknik; dan pengembangan kecerdasan buatan yang aman untuk kepentingan umat manusia.

Baca versi aslinya di businesswire.com: https://www.businesswire.com/news/home/20210208005280/en/

Kontak
Nicole Ryan, XPRIZE

Caden Kinard, XPRIZE

Sumber: XPRIZE

Pengumuman ini dianggap sah dan berwenang hanya dalam versi bahasa aslinya. Terjemahan-terjemahan disediakan hanya sebagai alat bantu, dan harus dengan penunjukan ke bahasa asli teksnya, yang adalah satu-satunya versi yang dimaksudkan untuk mempunyai kekuatan hukum.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2021