Keterlambatan karena hanya bisa ikutkan ke kapal yang berangkat
Makassar (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) melalui Dinas Kesehatan telah merampungkan pengiriman vaksin COVID-19 ke seluruh pulau terluar yang tersebar di berbagai lokasi.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Pangkep dr Nurlia Sanusi dikonfirmasi dari Makassar, Selasa, mengatakan untuk pengiriman terakhir ke dua pulau terluar yakni Pulau Liukang Kalmas (Kalukuang Masalima) dan Pulau Pamantauang Kecamatan Kalukalukuang.

"Vaksin untuk dua pulau terakhir sudah kita kirimkan kemarin. Semoga berjalan lancar dan tiba dengan selamat pada malam ini," ujarnya.

Ia menjelaskan, Untuk jumlah vaksin yang dikirimkan yakni sebanyak 265 dosis vaksin. Vaksin ini selanjutnya disebar ke empat puskesmas yang ada di dua pulau tersebut.

Adapun sasaran penerima vaksin di masing-masing puskesmas yakni Puskesmas Kalmas (74 dosis) Puskemas Tangaya (75 dosis), Puskemas Sailus (56 dosis vaksin) dan Puskesmas Pamantauan sebanyak 60 dosis atau penerima vaksin.

"Jika tiba malam ini maka pelaksanaan vaksinasi akan dimulai besok pagi," jelasnya.

Ia menjelaskan, pengiriman untuk dua pulau terakhir itu karena beberapa kendala. Seperti kondisi cuaca ekstrem yang terjadi serta keterbatasan kapal yang menuju ke pulau-pulau terluar yang ada di Pangkep.

"Untuk pengiriman memang alami keterlambatan karena kita hanya bisa ikutkan ke kapal yang mau berangkat ke pulau-pulau terluar," ujarnya. Pangkep memiliki 13 kecamatan dan empat diantaranya terdiri pulau-pulau. Dari empat kecamatan itu memiliki 115 pulau, 73 pulau berpenghuni, dan 42 pulau tidak berpenghuni.

Baca juga: Melalui vaksinasi, Sulsel ikut perang global melawan COVID-19

Baca juga: Pemprov Sulsel targetkan vaksinasi nakes selesai Maret 2021

Baca juga: Dinkes Sulbar upayakan vaksinasi COVID-19 segera dilakukan


Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2021