Gerakan 1001 Buku hadirkan perpustakaan mini di Mandalle, Gowa

Gerakan 1001 Buku hadirkan perpustakaan mini di Mandalle, Gowa

Gerakan 1.001 Buku saat membagikan buku bacaan untuk anak-anak di Desa Mandalle Kabupaten Gowa Sulsel, Selasa (9/02/2021). ANTARA/HO-Dok.Pribadi

ini dapat menjadi jembatan untuk kolaborasi
Makassar (ANTARA) - Gerakan 1.001 Buku kembali merambah berbagai desa di sejumlah kabupaten di Sulawesi Selatan, kali ini hadir di Desa Mandalle, Kabupaten Gowa dalam rangka mendukung pembentukan perpustakaan mini untuk anak-anak setempat.

Pembentukan perpustakaan mini tersebut ditandai dengan donasi ratusan judul buku untuk melengkapi Teras Baca Karang Taruna Desa Mandalle, Gowa, Selasa.

"Ada ratusan buku yang kami bawa. Kebanyakan buku bacaan anak-anak, selebihnya buku fiksi dan buku pelajaran sekolah. Ada juga kamus, ensiklopedia, dan buku pengembangan diri," ujar Ridha selaku Ketua Pelaksana Kegiatan.

Baca juga: Kemendikbud kirim dua juta buku ke wilayah 3T
Baca juga: Kemendikbud-Ikapi bagikan ribuan buku gratis pada pemudik


Pada pelaksanaannya, Gerakan 1001 Buku bekerja sama dengan Karang Taruna Desa Mandalle, Purnacaraka Muda Indonesia Sulawesi Selatan (PCMI Sulsel) dan Youthful.social.

Gerakan 1.001 Buku juga memberikan pelatihan mini library management. Kemudian dilakukan workshop bertajuk "Problem Solving and Goals Setting" yang dibawakan oleh PCMI Sulsel.

"Kita berharap kegiatan ini dapat menjadi jembatan untuk kolaborasi dengan Karang Taruna, PCMI, maupun Youthful Social," tambah Founder Gerakan 1.001 Buku, Al Adi Fitrah.

Acara ini disambut baik oleh pemerintah setempat, Kepala Desa Mandalle Zaenal. "Kami senang jika banyak yang ingin membangun desa kami," katanya.

Pada kegiatan itu, kebahagiaan terpancar dari wajah sekitar 50 anak-anak yang telah mendapat bekal pembelajaran bahasa Inggris namun dikemas dalam bentuk game atau permainan. Meski begitu, protokol kesehatan tetap menjadi perhatian utama dalam pelaksanaannya.

Baca juga: Kemdikbud dorong minat baca dengan salurkan buku cetak dan digital
Baca juga: Forum TBM: Minat baca masih terkendala akses pada buku

 

Pewarta: Nur Suhra Wardyah
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar