Satgas COVID-19 : Angka kesembuhan pekan ini menurun 4,2 persen

Satgas COVID-19 : Angka kesembuhan pekan ini menurun 4,2 persen

Juru bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito dalam konferensi pers virtual di Jakarta, Selasa (9/2/2021). ANTARA/Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden/pri.

Jakarta (ANTARA) - Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito mengungkapkan angka kesembuhan pasien COVID-19 di Indonesia pada pekan ini menurun 4,2 persen.

Wiku dalam telekonferensi persnya di Jakarta, Selasa, memaparkan pada pekan lalu, total kesembuhan pasien COVID-19 mencapai 72.631 pasien. Angka tersebut turun menjadi 69.599 pada pekan ini.

"Indikator kesembuhan mengalami penurunan sebesar 4,2 persen dibandingkan minggu sebelumnya," kata Wiku.

Baca juga: Satgas COVID-19 harap pemerintah-pers terus bekerjasama

Meski menurun, kata Wiku, terdapat 5 provinsi yang mencatatkan kenaikan angka kesembuhan pasien COVID-19 tertinggi, yakni DKI Jakarta dengan jumlah pasien yang sembuh mencapai 3.005 orang. Menyusul setelahnya kasus sembuh di Jawa Barat naik 2.072 orang. Kemudian, Kalimantan Timur naik 691 orang, Lampung naik 365 orang, dan Kepulauan Riau naik 289 orang.

Wiku mengapresiasi kelima provinsi yang telah berupaya meningkatkan angka kesembuhan.

"Saya juga meminta kepada provinsi-provinsi lainnya untuk terus memastikan perawatan yang sesuai standar kepada para pasien COVID-19 sehingga mereka dapat lekas sembuh, sehingga dapat berkontribusi dalam meningkatkan angka kesembuhan secara nasional," kata Wiku.

Di periode yang sama, ujar Wiku, terjadi penurunan kasus COVID-19 sebesar 10,8 persen. Sedangkan angka kematian pasien COVID-19 di pekan ini juga turun hingga sebesar 32 persen dibanding pekan lalu.

“Pelayanan kesehatan kepada pasien COVID-19 harus dilakukan sesuai standar sehingga mereka dapat dirawat hingga sembuh. Angka kematian ini harus benar-benar kita tekan sehingga tidak terjadi penambahan angka kematian pada minggu-minggu ke depan,” pungkas Wiku.

Baca juga: Jubir pemerintah: PPKM tunjukan sejumlah perbaikan
Baca juga: Satgas optimistis PPKM berdampak signifikan dalam penanganan COVID-19
Baca juga: Prokes COVID-19 kedatangan internasional di Indonesia diperpanjang


Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Pemerintah yakin program vaksinasi COVID-19 sesuai target

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar