Ada ekspektasi tinggi bahwa paket stimulus sebenarnya akan lebih tinggi dari yang diperkirakan. Pemerintahan Biden sedang melalui rekonsiliasi yang berarti pelepasan stimulus kurang tepat waktu tetapi paket yang lebih besar
New York (ANTARA) - Dolar jatuh ke posisi terendah dua minggu pada akhir perdagangan Selasa (Rabu pagi WIB), setelah bergerak fluktuatif dipimpin oleh kerugian terhadap yen dan euro, karena sentimen risiko membaik di sesi sore di tengah kenaikan pasar saham dan saat imbal hasil obligasi AS menguat.

Bitcoin melonjak ke rekor tertinggi, menuju tonggak sejarah 50.000 dolar AS. Mata uang kripto itu telah melonjak lebih dari 1.000 persen sejak Maret 2020 dan analis mengatakan perkiraan bitcoin mencapai 100.000 dolar AS tahun ini tampaknya tidak lagi dibuat-buat.

Saham-saham di Wall Street diperdagangkan lebih tinggi di sore hari. Imbal hasil obligasi naik dari posisi terendahnya karena dolar memperpanjang kerugiannya

"Pasar valas telah mengambil beberapa isyaratnya dari pasar ekuitas," kata Simon Harvey, analis senior pasar valas di Monex Eropa di London.

“Ada ekspektasi tinggi bahwa paket stimulus sebenarnya akan lebih tinggi dari yang diperkirakan. Pemerintahan Biden sedang melalui rekonsiliasi yang berarti pelepasan stimulus kurang tepat waktu tetapi paket yang lebih besar," tambahnya.

Dolar telah menguat saat Demokrat di Kongres AS bergerak ke jalur cepat untuk paket bantuan COVID-19 senilai 1,9 triliun dolar AS dari Presiden Joe Biden. Tetapi beberapa analis mengatakan pengeluaran fiskal besar-besaran dan melanjutkan kebijakan moneter Federal Reserve yang sangat longgar pada akhirnya akan menjadi hambatan besar bagi dolar.

Tolok ukur imbal hasil obligasi AS 10-tahun naik mendekati tertinggi Maret 2020 pada Senin (8/2) karena investor bertaruh pada pemulihan ekonomi yang lebih cepat daripada banyak negara lainnya. Imbal hasil obligasi AS 10-tahun terakhir di 1,16 persen.

Indeks dolar yang mengukur greenback terhadap sekeranjang mata uang utama lainnya melemah 0,6 persen pada 90,54, setelah sebelumnya mencapai level terendah dua minggu.

Data pekerjaan AS yang mengecewakan pada Jumat (5/2) menghentikan reli dua minggu yang telah mengangkat dolar ke level tertinggi lebih dari dua bulan di 91,60.

Shaun Osborne, kepala ahli strategi valas di Scotiabank di Toronto mengatakan kerugian dolar pada titik ini sedikit prematur, "terutama karena indikator pemosisian menunjukkan bahwa pedagang aktif terus mengurangi apa yang masih menjadi eksposur short dolar AS yang cukup signifikan."

Mata uang kripto adalah penerima manfaat terbesar dari melemahnya dolar. Bitcoin meroket di atas 48.000 dolar AS, membangun lonjakan hampir 20 persen setelah Tesla Inc mengumumkan investasi 1,5 miliar dolar AS dalam aset digital.

Yen Jepang adalah penerima manfaat utama lainnya, naik 0,6 persen terhadap dolar AS menjadi 104,69 yen. Sebelumnya, dolar jatuh ke level terendah dua minggu di 104,50 yen.

Yen semakin berkorelasi dengan imbal hasil langsung daripada sebagai indikator sentimen risiko yang luas. Korelasi bergulir 90 hari antara yen dan imbal hasil AS telah menguat secara signifikan sejak kuartal terakhir 2020.

Sementara itu, euro naik 0,5 persen menjadi 1,2104 dolar pada Selasa (9/2) naik dari level terendah dua bulan di 1,1952 dolar yang disentuh Jumat (5/2). Pound Inggris naik menjadi 1,3816 dolar, tertinggi sejak Mei 2018. Terakhir diperdagangkan naik 0,6 persen pada 1,3811 dolar.
 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2021