Apple mulai kembali operasikan pabrik di India

Apple mulai kembali operasikan pabrik di India

Dokumentasi - Dua orang pria yang mengenakan masker pelindung wajah melintas di depan Wistron Corp, pabrikan kontrak Taiwan untuk Apple, di Narsapura dekat Bengaluru, India, Senin (14/12/2020). ANTARA/REUTERS/Stringer/am.

Jakarta (ANTARA) - Apple mengatakan pemasok Wistron akan memulai kembali operasi pabriknya di India selatan setelah insiden kekerasan yang terjadi di lokasi tersebut menyebabkan penutupan pada akhir tahun lalu.

Meski begitu, pabrik dari perusahaan original design manufacturer (ODM) asal Taiwan itu masih dalam masa percobaan.

Apple, yang berbasis di Cupertino, California, menggunakan Wistron untuk merakit iPhone SE generasi kedua.

Raksasa teknologi itu mengatakan bahwa staf dan auditor independennya telah bekerja selama delapan pekan terakhir untuk memastikan semua sistem dan proses di pabrik di kawasan industri Narasapura, negara bagian Karnataka, itu berjalan lancar.

Baca juga: Konsumen Italia tuntut Apple karena iPhone usang

Baca juga: Tim Cook mengkritik media sosial


"Saat Wistron memulai proses perekrutan anggota tim dan memulai kembali operasi mereka, semua orang di pabrik akan menjalani program pelatihan baru untuk memastikan mereka memahami hak-hak mereka dan bagaimana mereka dapat menyampaikan kekhawatiran apa pun," kata Apple, dikutip dari Reuters, Rabu.

Apple menambahkan akan terus mengikuti perkembangan pabrik.

Pabrik tersebut ditutup setelah pekerja kontrak marah atas gaji yang belum dibayar dan menghancurkan properti, peralatan dan iPhone pada 12 Desember, menyebabkan kerusakan senilai jutaan dolar AS.

Audit Apple menemukan pelanggaran "Kode Etik Pemasok" pada pabrik.

Secara terpisah, Wistron mengatakan sedang bekerja keras untuk meningkatkan standar dan memperbaiki masalah di pabrik, dan mengatakan telah membayar semua pekerja dan memperkenalkan sistem perekrutan dan penggajian baru.

"Kami berharap dapat memulai kembali operasi kami dan menyambut kembali anggota tim," kata Wistron, tanpa memberikan waktu tepatnya.

Baik Apple maupun Wistron tidak mengatakan kapan produksi iPhone akan dilanjutkan di pabrik tersebut, tetapi tiga pejabat pemerintah kepada Reuters mengatakan bahwa operasi pabrik kemungkinan dimulai paling cepat pekan depan.

Wistron secara bertahap akan meningkatkan produksi di pabrik tersebut selama beberapa pekan ke depan, menurut dua sumber.

Apple memulai perakitan model iPhone pertamanya di India melalui Wistron pada 2017. Sejak itu, Apple telah memperluas produksi dengan Foxconn di India selatan, sementara pemasok lainnya Pegatron juga akan memulai operasi.

Baca juga: Hyundai dan Kia bantah bahas mobil otonom dengan Apple

Baca juga: Apple setop produksi iPhone 12 Mini tahun ini?

Baca juga: Snapchat khawatirkan bisnis iklan setelah kebijakan privasi baru Apple

Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar