Sehingga pelayanan kepada masyarakat lebih optimal
Serang (ANTARA) - Komisi I DPRD Banten meminta kinerja organisasi perangkat daerah (OPD) yang menjadi mitra kerjanya, tetap fokus dalam menjalankan fungsi dan tugasnya untuk melayani masyarakat meskipun masih dalam situasi pandemi COVID-19.

"Secara umum kami melakukan evaluasi pelaksanaan anggaran tahun kemarin dan juga untuk pelaksanaan 2021. Mudah-mudahan tahun ini tidak ada lagi refocusing anggaran untuk penanganan COVID-19, sehingga pelayanan kepada masyarakat lebih optimal," kata Ketua Komisi I DPRD Banten Asep Hidayat, usai rapat kordinasi dengan sejumlah OPD Provinsi Banten di ruang rapat Komisi I DPRD Banten, di Serang, Selasa.

Asep mengatakan, mengawali pelaksanaan APBD 2021 berharap tidak ada lagi anggaran OPD yang direfocusing atau dikurangi untuk penanganan COVID-19. Namun demikian, ia tidak bisa memastikan hal tersebut, karena pandemi COVID-19 sampai saat ini masih tetap berlangsung.

Ia meminta OPD mitra kerja Komisi I DPRD Banten dan juga OPD lainnya di Provinsi Banten bisa segera menjalankan program dan kebijakan Pemprov Banten melalui OPD masing-masing. Selanjutnya, dengan sudah berjalannya APBD tersebut dengan program yang langsung kepada masyarakat, bisa menggairahkan perekonomian masyarkat di tengah pandemi COVID-19.

"Kinerja harus terus ditingkatkan meskipun di tengah pandemi. Banyak cara yang bisa dilakukan dengan harapan adanya kucuran APBD bisa menggairahkan ekonomi masyarakat," kata politisi Partai Demokrat tersebut.

Anggota Komisi I DPRD Banten Jazuli Abdilah menambahkan, OPD di Provinsi Banten diharapkan bisa melakukan inovasi dan kreativitasnya dalam menjalankan tugas dan fungsi untuk pelayanan kepada masyarakat, di tengah serba keterbatasan karena masih dalam situasi dan kondisi pandemi COVID-19.

"Rapat ini intinya kami mengevaluasi program kegiatan 2020 pada OPD yang menjadi mitra Komisi I. Selanjutnya kami juga ingin mengetahui sejauh mana program-program yang akan dilakukan pada 2021. Tentunya kami berharap kinerja terus ditingkatkan meskipun masih suasan pandemi," kata Jazuli.

Sejumlah OPD yang melakukan rapat kordinasi dengan Komisi I DPRD Banten, di antaranya Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Banten, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD), Inspektorat, BKD, Satpol PP, dan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Banten.

"Tadi kami menyampaikan terkait anggaran hibah untuk partai politik pada 2021 kurang lebih Rp19 miliar bagi 12 partai politik. Mudah-mudahan bisa disalurkan pada Maret setelah selesai audit BPK yang saat ini sedang berjalan," kata Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Banten Ade Ariyanto, usai rapat tersebut.
Baca juga: DPRD Banten setujui Raperda Penanggulangan COVID-19
Baca juga: 55 anggota DPRD Banten jalani rapid test COVID-19

Pewarta: Mulyana
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2021