Kemendag dukung UKM berorientasi ekspor berjaya di pasar global

Kemendag dukung UKM berorientasi ekspor berjaya di pasar global

Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga. (ANTARA/HO-Humas Kemendag/am.)

Saat ini Indonesia sedang bertransformasi dari negara eksportir barang mentah dan setengah jadi, menjadi negara eksportir barang industri dan industri berteknologi tinggi
Jakarta (ANTARA) - Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga mengatakan, Kementerian Perdagangan (Kemendag) akan terus memfasilitasi pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) dalam menembus pasar ekspor antara lain dengan membantu UKM agar lebih kompetitif sehingga dapat menembus pasar ekspor negara tradisional dan nontradisional.

“Saat ini Indonesia sedang bertransformasi dari negara eksportir barang mentah dan setengah jadi, menjadi negara eksportir barang industri dan industri berteknologi tinggi,” kata Wamendag lewat keterangan resmi di Jakarta, Rabu.

Menurut Jerry, beberapa sektor yang konkret menunjukkan transformasi tersebut antara lain pada ekspor komoditas besi baja; kendaraan bermotor; serta perhiasan yang memberikan tingkat upah yang cukup tinggi dan melibatkan banyak UKM Indonesia.

Saat ini, lanjut Wamendag, perlu dilakukan langkah bersama dalam mengidentifikasi produk-produk UKM yang akan diangkat ke pasar internasional. Disamping juga diperlukan berbagai kegiatan serta langkah-langkah peningkatan kualitas dan performa produk-produk UKM dalam negeri tersebut.

“Dengan identifikasi yang cermat dan dilakukan bersama seluruh pemangku kepentingan, diharapkan kita dapat mengembangkan berbagai produk UKM potensial agar bisa berjaya di pasar global,” ujar Wamendag.

Wamendag juga mengapresiasi kinerja para perwakilan perdagangan di luar negeri, baik Atase Perdagangan maupun Indonesian Trade Promotion Center yang turut melakukan sosialisasi seputar kebijakan perdagangan Indonesia.

Perwakilan perdagangan di luar negeri dinilai sangat membantu dengan menyelenggarakan berbagai kegiatan seperti penyuluhan bisnis, pendampingan buyer, dan penjajakan kesepakatan dagang (business matching).

Baca juga: Mendag lepas ekspor produk UKM senilai triliuan rupiah

Baca juga: Kemendag gandeng perbankan beri pembiayaan UKM ekspor Rp167 miliar

Baca juga: LPEI beri pembiayaan Rp9,5 miliar kepada 4 UKM berorientasi ekspor

 

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Kemendag dorong ekspor kopi untuk tingkatkan kesejahteraan petani

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar