pemeriksaan tes usap keluar dan dinyatakan positif COVID-19
Mentok, Babel (ANTARA) - Sebanyak 14 orang kru kapal tanker MT CST Ship III yang berada di wilayah Perairan Mentok, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dinyatakan positif COVID-19.

"Beberapa hari lalu para kru kapal itu sudah dievakuasi dan dilakukan isolasi di Wisma Karantina Pemkab Bangka Barat, namun baru hari ini hasil pemeriksaan tes usap keluar dan dinyatakan positif COVID-19," kata Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Bangka Barat M. Putra Kusuma di Mentok, Rabu.

Sebanyak 14 orang tersebut seluruhnya laki-laki dan dimasukkan dalam data dari Kecamatan Mentok, masing-masing berinisial At (34), Fy (55), Cu (28), Ms (58), Su (52), Mf (35), Mf (25), Fa (29), Ru (36), Th (29), Ai (27), Hd (41), Ef (40), dan Bm (66).

Para pasien baru tersebut terpapar dari sesama kru kapal MT CST Ship III yang sebelumnya sudah dievakuasi.

Baca juga: Polisi Mentok Babel perketat pemeriksaan calon penumpang kapal feri

Baca juga: Tempat terbatas, Bangka Barat ajak RT/RW dampingi warga isolasi


Selain melakukan isolasi dan perawatan terhadap kru kapal yang positif COVID-19, kapal tersebut saat ini dalam karantina sesuai dengan surat dari Kantor Kesehatan Pelabuhan Pangkalpinang Nomor SR.03.04/2/754/2021 tanggal 5 Februari 2021.

Dengan adanya penambahan 14 pasien baru, saat ini jumlah warga yang masih menjalani perawatan dan isolasi sebanyak 17 orang, sedangkan jumlah pasien sembuh sebanyak 232 orang dari jumlah kasus keseluruhan selama pandemi COVID-19 mencapai 253 orang.

"Untuk penambahan jumlah pasien yang dinyatakan sembuh dan selesai isolasi pada hari ini tiga orang," katanya.

Baca juga: Sampel melonjak, hasil usap Bangka Barat paling cepat 4 hari

Baca juga: Satgas perpanjang kebijakan tes antigen di Pelabuhan Tanjungkalian

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2021