Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bekerja sama dengan PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) untuk melatih tim penguji Unit Pengelola Pengujian Kendaraan Bermotor (UP PKB) di Dinas Perhubungan dalam upaya meningkatnya keselamatan berkendara dan mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Progam pelatihan tim penguji UP PKB Dishub DKI Jakarta itu diikuti oleh 170 peserta dari 5 UP PKB yang ada di Jakarta yaitu UP PKB Cilincing, UP PKB Jagakarsa, UP PKB Pulo Gadung, UP PKB Kedawung Angke, dan UP PKB Ujung Menteng.

Baca juga: Lalin Kota Tua akan direkayasa seiring berlakunya kawasan rendah emisi

Turut hadir dalam pelatihan secara virtual tersebut perwakilan dari Dinas Perhubungan Kabupaten Jayapura, Manokwari, kabupaten/kota Sorong, Pemprov Nusa Tenggara Barat, Kota Mataram, Kota Makassar, Kota Balikpapan, Provinsi Jawa Timur, Jawa Tengah, DIY, Kota Bandung, Kota Tangerang, Kota Medan dan Provinsi Aceh.

"Sumber daya manusia menjadi kunci suksesnya sebuah program yang dijalankan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Untuk itu agar memiliki kompetensi yang baik dan meningkatkan kapabilitas, Dishub Provinsi DKI Jakarta berkolaborasi dengan semua stakeholder," kata Kepala Dishub DKI Jakarta, Syafrin Liputo, dalam pernyataan pers, dikutip Rabu.

Syafrin menyampaikan terima kasih kepada Hino atas kolaborasi dalam pelatihan ini sehingga bisa meningkatkan kemampuan para penguji terutama untuk armada buatan Hino.

"Harapan kami semua peserta pelatihan ini dapat memaksimalkan materi yang diberikan dalam pelatihan ini, karena materi yang diberikan tidak ada di tempat lain, sehingga ini penting untuk meningkatkan kompetensi pekerjaan ke depannya," katanya menambahkan.

Baca juga: Truk listrik Toyota jadi angkutan Seven-Eleven Lawson

Pelatihan juga mendapatkan dukungan dari Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono. Turut pengisi pelatihan, Investigator Senior KNKT Achmad Wildan, yang menyampaikan materi mengenai keselamatan dan sebab akibat terjadinya kecelakaan, sehingga peserta dapat mengetahui pengujian kendaraan yang baik untuk mencegah kecelakaan.

Untuk memperkuat kerja sama, Hino dan Dishub Pemprov DKI Jakarta juga menyepakati nota kesepahaman yang ditandatangani oleh Irwan Supriyono, After Sales & Technical Director HMSI dan Kepala Dishub DKI Jakarta, Syafrin Liputo, dan disaksikan oleh ketua KNKT.

Atas usaha Hino mendukung pemerintah dalam penegakan kampanye keselamatan di jalan, PT Hino Motors Sales Indonesia meraih penghargaan dari KNKT sebagai Pelopor Keselamatan dalam mengimplementasikan Program Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan di Indonesia.

"Keselamatan berkendara adalah tanggung jawab kita bersama, untuk itu kami senang sekali dapat mendukung pemerintah yang kali ini kita bersama-sama menggelar kegiatan pelatihan pengujian kendaraan bermotor wajib uji. Agar tercipta layanan transportasi yang handal, aman, dan selamat agar menjadikan angkutan publik sebagai layanan utama," kata COO dan Direktur HMSI, Santiko Wardoyo.


Baca juga: Dishub DKI sebut volume lalu lintas alami kenaikan selama PPKM

Baca juga: Dishub DKI keluarkan SK Juknis transportasi PSBB hingga 8 Februari

Baca juga: Toyota Hino hentikan produksi di AS
Pewarta:
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021