Puan: DPR optimalkan pengawasan penanganan bencana

Puan: DPR optimalkan pengawasan penanganan bencana

Ketua DPR RI Puan Maharani menyampaikan pidatonya dalam Rapat Paripurna DPR RI Penutupan Masa Persidangan III, di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu. (DPR RI)

Untuk mempercepat penanganan bencana, Tim Pengawas DPR telah mengadakan rapat dengan kementerian/lembaga terkait dan pemerintah daerah
Jakarta (ANTARA) - Ketua DPR RI Puan Maharani mengatakan DPR terus mengoptimalkan fungsi pengawasan khususnya untuk mempercepat penanganan bencana yang terjadi di Jawa Barat, Kalimantan Selatan, Sulawesi Barat, dan wilayah lainnya.

"Untuk mempercepat penanganan bencana, Tim Pengawas DPR telah mengadakan rapat dengan kementerian/lembaga terkait dan pemerintah daerah,” kata Puan dalam pidatonya di Rapat Paripurna DPR RI Penutupan Masa Persidangan III, di Jakarta, Rabu.

Puan mengatakan pengawasan pada penanganan bencana di sejumlah daerah dan berbagai masalah yang muncul di masyarakat merupakan tugas DPR RI.

Pengawasan itu menurut dia lalu ditindaklanjuti dengan mitra kerja, panitia kerja (Panja) yang dibentuk Alat Kelengkapan Dewan, tim pemantau, maupun Tim Pengawas DPR.

Baca juga: Puan: DPR komitmen fokus bantu pemerintah tangani COVID-19

Baca juga: Puan: Pers sumber inspirasi bangkit dari pandemi COVID-19


"DPR terus melakukan evaluasi atas penanganan tanggap darurat, rehabilitasi dan/atau rekonstruksi yang sedang berlangsung di berbagai daerah terdampak bencana," ujarnya.

Dia juga meminta pemerintah agar selalu melakukan langkah antisipasi dan memperkuat upaya pencegahan bencana di setiap daerah, terutama daerah dengan risiko tinggi bencana.

Selain itu Puan menyampaikan fungsi pengawasan juga dilakukan DPR pada Masa Persidangan III dengan melakukan uji kelayakan dan kepatutan serta memberikan persetujuan atas calon tunggal Kapolri yang diajukan Presiden Joko Widodo; calon Hakim Agung dan Hakim ad hoc; serta calon anggota Dewan Pengawas BPJS Ketenagakerjaan dan calon anggota Dewan Pengawas BPJS Kesehatan.

Selain itu, DPR RI juga telah melaksanakan uji kelayakan dan kepatutan terhadap calon anggota Ombudsman RI, dan mendengarkan penjelasan dari Sekjen Kemenkominfo mengenai pembentukan Panitia Seleksi Calon Dewan Pengawas LPP RRI Periode 2021-2026.

Dia mengatakan, DPR juga telah memberikan pertimbangan terhadap empat Calon Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Negara Sahabat untuk Republik Indonesia.

Baca juga: Ketua DPR nilai perlu kekuatan nasional bekerja sama atasi pandemi

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Puan ajak elemen bangsa jadikan 2021 momentum pemulihan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar