Jumlah penderita DBD ini tercatat turun jika dibandingkan 2020
Surabaya (ANTARA) - Dinas Kesehatan Jawa Timur mencatat ada sebanyak 408 kasus penyakit demam berdarah dengue (DBD) di wilayah setempat selama Januari 2021 dengan jumlah kematian sebanyak empat orang.

"Jumlah penderita DBD ini tercatat turun jika dibandingkan pada bulan sama di tahun 2020 yakni jumlah penderita DBD saat itu sebanyak 1.074 orang. Sementara jumlah kematiannya sebanyak 13 orang," ujar Kepala Dinkes Jatim Herlin Ferliana di Surabaya, Rabu.

Ia mengungkapkan jumlah kasus DBD tertinggi bulan Januari 2021, yaitu Kabupaten Situbondo sebanyak 114 kasus, Kabupaten Bondowoso sebanyak 42 kasus, Kabupaten Jember sebanyak 28 kasus, disusul Kabupaten Kediri sebanyak 13 kasus, dan Kabupaten Magetan sebanyak 23 kasus.

Sedangkan, jumlah kematian DBD tertinggi pada Januari 2021, masing masing dari Kabupaten Pamekasan sebanyak dua orang, Kabupaten Situbondo satu orang, dan Kota Malang satu orang.

Baca juga: 148 kasus DBD terjadi di Jember-Jatim

Baca juga: Cegah DBD, sekolah di Madiun-Jatim dilakukan pengasapan



"Lalu pada Februari 2021 penderita penyakit DBD yang telah dilaporkan ada sebanyak 10 orang, tanpa ada kasus kematian," ucapnya.

Herlin menjelaskan Dinas Kesehatan kabupaten/kota telah melakukan upaya mencegah DBD dengan meningkatkan peran masyarakat dalam Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) 3M juga melalui kegiatan satu rumah satu jumantik.

"Selain itu kami melakukan promosi kesehatan melalui berbagai media, koordinasi dengan sektor terkait dalam upaya pencegahan penyakit DBD juga surveilans kasus DBD di daerah," kata mantan Direktur Rumah Sakit Jiwa Menur Surabaya tersebut.

Dinkes Jatim juga menyiapkan sarana pelayanan kesehatan, tenaga dan logistik dalam upaya pengendalian penyakit DBD, serta menerapkan Surat Edaran Gubernur Jawa Timur tertanggal 28 Oktober 2020 tentang Kewaspadaan DBD di musim hujan.

"Untuk mendukung Kegiatan PSN maka saat ini digiatkan Gerakan Satu Rumah Satu Jumantik, yaitu meningkatkan peran serta dan pemberdayaan masyarakat dengan melibatkan setiap keluarga untuk pemeriksaan, pemantauan, pemberantasan jentik nyamuk," tutur Herlin.

Baca juga: Di Kabupaten Madiun-Jatim, Dinkes sebut angka bebas jentik masih rendah

Baca juga: Jumlah penderita demam berdarah di Kota Madiun naik drastis


Pewarta: Fiqih Arfani/Willy Irawan
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2021