gula aren bisa dijadikan peluang usaha yang sangat besar dan menguntungkan. Ini yang harus bisa dimanfaatkan
Jakarta (ANTARA) - Ketua DPD RI LaNyalla Mahmud Mattalitti mendorong peningkatan produksi gula aren di sejumlah daerah, termasuk di Sumatra Utara, serta penataan dan perbaikan tata niaga komoditas tersebut.

LaNyalla menilai komoditas gula aren menjadi peluang usaha besar yang bisa digeluti masyarakat. Untuk meningkatkan nilai jual gua aren, LaNyalla menilai pembenahan harus dilakukan beberapa bidang, termasuk tata niaganya.

"Gula aren itu memiliki penggemar tersendiri di tengah-tengah masyarakat. Sehingga potensi pemasaran gula aren menjadi sangat besar. Bahkan, gula aren bisa dijadikan peluang usaha yang sangat besar dan menguntungkan. Ini yang harus bisa dimanfaatkan," kata LaNyalla di Jakarta, Rabu.

Menurut dia, salah satu kendala dalam pemasaran adalah kemasan gula aren yang masih sederhana. Gula aren belum dikemas secara menarik dan mampu bersaing dengan produksi gula putih yang umumnya ditemukan di pasaran.


Baca juga: Kementan-asosiasi rumuskan strategi dongkrak budi daya dan ekspor aren

Baca juga: Tingkatkan kualitas, Kemenperin dorong modernisasi produksi gula aren


Pengemasan menjadi hal yang harus diperhatikan pengrajin gula sehingga dapat menarik lebih banyak konsumen.

Mantan Ketua Umum Kadin Jawa Timur menambahkan produksi gula aren saat ini sudah berkembang seperti produksi gula semut. Produk gula aren juga dapat dijumpai di hotel dan restoran

"Produksi gula aren cukup banyak di daerah-daerah seperti Sumut, Banten, Jawa Barat, Jawa Timur, NTB dan daerah-daerah lainnya. Bahkan, gula aren Banten telah tembus pasar dunia. Ini momentum yang baik untuk sama-sama meningkatkan produksinya," kata dia.

Dia juga berharap ada langkah pembinaan untuk standarisasi kualitas dan kemasan gula aren untuk menarik pasar domestik dan nasional.

Ada pun langkah yang dilakukan oleh Wakil Gubernur Sumatera Utara kepada para anggota Asosiasi Aren Indonesia (AAI) bisa dijadikan contoh.

Wagub mendukung AAI untuk memajukan dan meningkatkan produksi gula merah melalui berbagai langkah pembinaan hingga standarisasi hasil pertanian dari pohon aren


Baca juga: Gula aren andalan Banten tembus pasar ekspor

Baca juga: Lampung Barat Sentra Gula Aren Terbaik

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2021