Pengungsi korban banjir Subang mencapai 38.878 jiwa

Pengungsi korban banjir Subang mencapai 38.878 jiwa

Wakil Bupati Subang Agus Masykur (tengah) saat meninjau lokasi banjir (ANTARA/Istimewa)

banyak korban banjir yang mengungsi di bawah Jembatan Layang Pamanukan
Subang (ANTARA) - Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Subang melaporkan pengungsi korban banjir dalam beberapa hari terakhir di wilayah Subang dan sekitarnya telah mencapai 38.878 orang.

Informasi tertulis yang diterima, Rabu juga menyebutkan rumah yang terendam banjir sebanyak 21.574 unit tersebar di 21 kecamatan sekitar Subang.

Baca juga: Tim Gabungan Tanggap Bencana Unpad bantu korban banjir di Pamanukan
 
Korban banjir mengungsi di bawah Jembatan layang di Pamanukan, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Selasa (9/2/2021). Berdasarkan data yang terhimpun, sebanyak 32 ribu orang dari 5.764 kepala keluarga mengungsi akibat terdampak banjir yang melanda 75 desa dari 11 kecamatan di Kabupaten Subang. ANTARA FOTO/Novrian Arbi/wsj.


Puluhan ribu jiwa korban banjir itu kini mengungsi di masjid-masjid, kantor pemerintahan, tenda pengungsian, dan lain-lain. Bahkan banyak dari korban banjir itu yang mengungsi di kolong Jembatan Layang Pamanukan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Subang Hidayat membenarkan banjir di Subang dan sekitarnya telah merendam 21.574 rumah.

Baca juga: BPBD: Banjir di jalur pantura akibat luapan air Sungai Cipunagara

Selain itu, ungkap Hidayat, banjir juga merendam tambak ikan seluas 3.093 hektare, sawah 19.021 hektare, dan jalan sepanjang 16 kilometer.

Baca juga: Banjir dan longsor melanda wilayah Subang

Kerugian bencana banjir yang menimpa 120 desa/kelurahan  di 21 kecamatan sekitar Subang sampai dengan Selasa (9/2)  diperkirakan sebesar Rp7,8 miliar, sebut Hidayat.

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Kades Nelelamadike puji kecepatan bantuan pemerintah

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar