Formula 1

Portugal siap isi slot kosong kalender F1 bulan Mei

Portugal siap isi slot kosong kalender F1 bulan Mei

Pebalap tim Red Bull Alexander Albon menjalani Grand Prix Portugal di Sirkuit Algarve, Portimao. (25/10/2020) (Pool via Reuters/Rudy Carezzevoli)

Jakarta (ANTARA) - Sirkuit Algarve di Portugal siap kembali ke kalender Formula 1 musim ini dengan menempati slot kosong yang seharusnya diisi oleh Vietnam pada 2 Mei.

BBC dan Sky Sports memberitakan bahwa para tim kompetitor akan diberitahu secara resmi dalam pertemuan dengan komisi Formula 1 pada Kamis bahwa seri ketiga di kalender musim 2021 tersebut akan bertempat di Portugal.

Sumber Reuters menyebut bahwa kabar, yang pertama kali diberitakan oleh motorsport.com, tersebut benar.

Sirkuit Algarve di dekat kota Portimao menggelar Grand Prix untuk pertama kalinya pada Oktober tahun lalu, menjadi bagian dari kalender yang mengalami revisi besar-besaran karena pandemi COVID-19.

Kembalinya Algarve sebagai tuan rumah sempat akan dikonfirmasi bulan lalu namun menjadi tanda tanya menyusul peningkatan kasus COVID-19 yang menyebabkan lockdown nasional di Portugal.

Bahrain, yang akan membuka musim pada 28 Maret nanti, bisa menjadi tuan rumah dua balapan beruntun jika rencana untuk Portugal dibatalkan.

Baca juga: F1 rombak kalender, Bahrain gantikan Australia sebagai seri pembuka
Baca juga: Musim F1 bisa dimulai dengan dua balapan di Bahrain, kata Domenicali

Grand Prix Portugal akan digelar sebelum Grand Prix Spanyol di Sirkuit Barcelona-Catalunya.

Hal itu berarti sebagian besar tim yang bermarkas di Inggris akan tetap di luar negeri, menghindarkan diri dari keperluan karantina di hotel yang diatur oleh regulasi pemerintah jika mereka kembali langsung dari Portugal, yang oleh pemerintah Inggris dimasukkan ke dalam daftar merah negara-negara dengan risiko penularan COVID-19 tinggi.

Personel yang terlibat di F1 akan harus menjalani tes COVID-19 rutin selama musim berjalan, dengan tim beroperasi di dalam gelembung.

CEO baru F1 Stefano Domenicali mengatakan pekan lalu bahwa olahraga itu masih mengincar rekor untuk menggelar 23 balapan tahun ini setelah melangsungkan hanya 17 balapan tahun lalu.

Baca juga: Kalender Formula 1 2021 kemungkinan besar segera ditulis ulang
Baca juga: Formula 1 lakukan perubahan waktu start, pangkas waktu latihan
Baca juga: F1 hapus rencana reverse grid, masih pertimbangkan sprint race

 

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar