Piala Italia

Atalanta rebut tiket final Piala Italia usai menang 3-1 atas Napoli

Atalanta rebut tiket final Piala Italia usai menang 3-1 atas Napoli

Gelandang Atalanta Matteo Pessina (kedua dari kanan) merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Napoli pada pertandingan leg kedua semifinal Piala Italia yang dimainkan di Stadion Gewiss, Bergamo, Rabu (10/2/2021). ANTARA/AFP/MIGUEL MEDINA.

Jakarta (ANTARA) - Atalanta merebut tiket final Piala Italia usai menang 3-1 atas Napoli, pada pertandingan leg kedua semifinal yang dimainkan di Stadion Gewiss, Bergamo, Rabu setempat atau Kamis dini hari WIB.

Pada leg pertama yang dimainkan pekan lalu, kedua tim berbagi hasil imbang 0-0.

Baca juga: Napoli kontra Atalanta berakhir imbang tanpa gol di Piala Italia

Gol pertama Atalanta dibukukan Duvan Zapata pada menit kesepuluh. Matteo Pessina kemudian menggandakan keunggulan tuan rumah melalui golnya pada menit ke-16. Napoli sempat memperkecil ketertinggalan melalui gol Hirving Lozano pada menit ke-53, namun Pessina merestorasi keunggulan dua gol Atalanta lewat golnya pada menit ke-78, demikian catatan laman resmi Liga Italia.

Pada laga final yang akan dimainkan pada Mei mendatang, Atalanta akan bertemu Juventus yang telah terlebih dahulu mengamankan langkah ke partai puncak.

Baca juga: Juve melaju ke final Piala Italia walau cuma imbang nirgol lawan Inter

Tim tamu Napoli memiliki peluang pertama pada pertandingan ini, melalui sepakan melebar Lorenzo Insigne dari tepi kotak penalti.

Namun justru Atalanta yang memecah kebuntuan melalui tembakan ke gawang pertama mereka, saat sepakan keras kaki kanan Zapata dari jarak 24 meter bersarang ke gawang yang dikawal kiper David Ospina.

Tidak lama berselang Pessina menggandakan keunggulan La Dea. Dari skema serangan yang dieksekusi dengan baik, Zapata mengirim umpan untuk diselesaikan Pessina ke arah tiang dekat.

Baca juga: Keterbatasan stok pemain paksa Gattuso ubah formasi lawan Atalanta

Muriel berpeluang mengemas gol ketiga Atalanta sebelum turun minum, sayangnya sepakannya melebar, demikian pula sepakan kaki kiri Zapata dari jarak dekat yang melambung ke atas mistar gawang.

Gol Lozano sempat membangkitkan harapan untuk Napoli pada awal babak kedua. Sepakan pertama penyerang asal Meksiko itu dapat diblok kiper Pierluigi Gollini, namun ia sigap bergerak untuk menyambar bola pantul dan mengonversinya menjadi gol.

Atalanta bereaksi dengan kembali menebar ancaman dari Josip Ilicic dan Pessina yang memaksa kiper Ospina melakukan penyelamatan, namun Pessina melengkapi kemenangan timnya berkat gol keduanya saat ia menggiring bola melewati dua pemain bertahan lawan dan mencungkil bola melewati kiper Napoli.

Baca juga: Napoli hancurkan Spezia 4-2 untuk melaju ke semifinal Piala Italia
Baca juga: Atalanta singkirkan Lazio dari Piala Italia setelah menang 3-2


Susunan pemain:

Atalanta (3-4-1-2): Pierluigi Gollini, Rafael Toloi, Jose Luis Palomino (Mattia Caldara 72'), Berat Djimsiti, Robin Gosens, Marten de Roon, Bosko Sutalo, Matteo Pessina (Mario Pasalic 90'), Duvan Zapata, Luis Muriel (Josip Ilicic 56')
Pelatih: Gian Piero Gasperini

Napoli (4-3-3): David Ospina, Giovanni Di Lorenzo, Amir Rrahmani, Nikola Maksimovic, Elseid Hysaj (Mario Rui 42'), Eljif Elmas (Matteo Politano 46'), Tiemoue Bakayoko (Diego Demme 64'), Piotr Zielinski (Stanislav Lobotka 64'), Hirving Lozano, Victor Osimhen (Andrea Petagna 79'), Lorenzo Insigne
Pelatih: Gennaro Gattuso

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar