Rekomendasi drama Korea berdasarkan tipe kepribadian MBTI

Oleh Nanien Yuniar

Rekomendasi drama Korea berdasarkan tipe kepribadian MBTI

The School Nurse Files dan 18 Again. ANTARA/HO-Netflix.

Jakarta (ANTARA) - Pernahkah Anda merasa kebingungan dalam memilih drama Korea mana yang ingin disaksikan berikutnya? Dengan semakin banyaknya tayangan Korea yang tidak hanya menghibur namun juga menginspirasi, tidak heran jika Anda membutuhkan waktu lebih lama untuk menentukan pilihan. Untuk menghemat waktu Anda, berikut ini adalah rekomendasi drama Korea yang dapat disaksikan berdasarkan tipe kepribadian MBTI Anda.

INTP
Sebagai sosok yang imajinatif dan dapat berpikir abstrak, INTP akan senang mengikuti perjalanan istimewa yang harus dilalui karakter utamanya dalam upaya menemukan diri mereka kembali. Oleh karena itu, Anda akan menikmati kisah-kisah fantasi yang unik seperti "18 Again", di mana seorang ayah paruh baya kembali ke tubuhnya yang berusia 18 tahun dan mendapatkan kesempatan kedua untuk menjalani masa mudanya.

Selain itu, kisah perawat sekolah yang melindungi para murid dari monster jeli di "The School Nurse Files" juga bisa menjadi tayangan favorit Anda.
"Extracurricular" dan "Hospital Playlist" (HO/Netflix)


INTJ
Dengan kecerdasan dan pikirannya yang logis, INTJ senang menganalisis banyak hal di sekitarnya. Anda akan menikmati tayangan thriller kriminal seperti "Extracurricular" yang bercerita mengenai kehidupan seorang siswa teladan dan bisnis sampingannya yang ilegal.

Jika Anda ingin menyaksikan sesuatu yang lebih ringan namun tak kalah memancing rasa penasaran, coba saksikan "Hospital Playlist" di mana Anda akan mengikuti kehidupan lima dokter yang bersahabat dan kejadian-kejadian menarik di tempat kerja mereka.
"Because This Is My First Live" dan "Hello, My Twenties!" (HO/Netflix)


INFP
Pemimpi dan idealis, INFP menyukai cerita romantis yang menghanyutkan hati. Anda akan merasa termotivasi saat melihat para karakter berjuang mengatasi masalah dan menemukan kebahagiaan. Coba saksikan "Because This Is My First Life" yang menampilkan kisah tiga sahabat dalam menghadapi situasi kehidupan dan percintaan yang berbeda-beda.

Selain itu, "Hello, My Twenties!" juga menceritakan tentang lima teman kuliah yang tinggal di rumah yang sama dan menjalani berbagai petualangan di masa muda mereka.
"Kingdom" dan "It's Okay to Not Be Okay" (HO/Netflix)


Baca juga: Drakor tayang Februari, "Vincenzo" hingga "Sisyphus: The Myth"

Baca juga: Tujuh drakor dengan tema kantoran


INFJ
INFJ adalah sosok yang bijaksana dan imajinatif. Mereka juga memiliki integritas dan idealisme yang tinggi, sehingga tak heran jika kisah tentang putra mahkota kerajaan yang melawan zombie dan menyelamatkan kerajaan di "Kingdom" akan menjadi tayangan favorit mereka.

Selain itu, INFJ juga bisa mengagumi bagaimana para karakter di "It's Okay to Not Be Okay" berusaha menyembuhkan diri dari trauma mereka.
 
"Descendants of the Sun" dan "Healer" (HO/Netflix)


ISTP
Gemar mencoba hal-hal baru, ISTP menikmati sensasi dan aktivitas yang serba cepat. Karena sifatnya yang optimis dan energik, drama dengan kombinasi aksi dan cerita yang mengharukan akan menjadi pilihan yang tepat untuk ISTP. Coba saksikan kisah mengenai operasi militer rahasia di "Descendants of the Sun" dan sosok ‘kurir malam’ yang misterius di "Healer".
 
"Goblin" dan "Crash Landing on You" (HO/Netflix)


ISTJ
ISTJ adalah sosok yang sangat detail, peduli akan tradisi, dan ingin memanfaatkan waktu sebaik mungkin. Oleh karena itu, drama-drama Korea yang populer seperti "Crash Landing on You" dan "Guardian: The Lonely and Great God" mungkin akan menjadi tayangan yang tepat bagi Anda karena kesuksesannya telah teruji sebagai drama korea favorit orang-orang dari seluruh seluruh dunia.
 
"My ID Is Gangnam Beauty" dan "Still 17" (HO/Netflix)



ISFP
Sebagai sosok yang sabar dan penuh perhatian, ISFP akan menyukai cerita yang menampilkan perkembangan diri para karakternya. Kepedulian ISFP akan membuatnya mendukung karakter yang berjuang menghadapi ekspektasi masyarakat di "My ID Is Gangnam Beauty" atau karakter yang ingin sembuh dari luka masa lalu di "Still 17".
 
"reply 1997" dan "When the Camellia Blooms" (HO/Netflix)


ISFJ
ISFJ cukup pandai mengamati dan mengingat detail tentang orang lain. Anda dapat menerapkan kemampuan ini lewat tayangan yang memancing rasa penasaran, seperti menebak sosok suami misterius di "Reply 1997".

Drama romansa misteri "When the Camellia Blooms" juga akan menarik perhatian Anda dengan cerita mengenai seorang single mother yang harus menghadapi seorang pembunuh berantai di kotanya.
 
"Strong Girl Bong-soon" dan "Hotel Del Luna" (HO/Netflix)


Baca juga: Sinopsis singkat drama terbaru Ryu Jun Yeol "Disqualified as a Human"

Baca juga: Lima alasan drama "Love (ft. Marriage and Divorce)" tak boleh dilewati


ENTP
Kreatif dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, ENTP mampu memahami hal-hal baru dengan cukup cepat. Anda akan menyukai kisah fantasi yang tidak biasa seperti "Strong Girl Bong-soon" dan "Hotel Del Luna".

Cerita mengenai seorang wanita berkekuatan super yang malu dengan kekuatannya sendiri dan seorang pemilik hotel hantu yang suasana hatinya mudah berubah akan menjadi tayangan yang menarik untuk Anda.
"Memories of the Alhambra" dan "W - Two Worlds Apart" (HO/Netflix)


ENTJ
ENTJ menyukai petualangan dan menghargai indahnya kehidupan. Anda mungkin bisa tertarik dengan tayangan yang menggabungkan aksi dan visual yang menawan, seperti permainan AR yang inovatif di "Memories of the Alhambra" atau dunia nyata dan webtoon yang melebur menjadi satu di "W - Two Worlds Apart".
 
"Coffee Prince" dan "Weightlifting Fairy Kim Bok Joo" (HO/Netflix)


ENFP
Penuh energi dan mudah antusias, ENFP menyukai segala sesuatu yang seru. Oleh karena itu, tayangan-tayangan komedi ringan dapat menjadi pilihan yang tepat untuk para ENFP. "Coffee Prince" menawarkan berbagai momen yang lucu ketika sang pemilik kafe merasa tertarik dengan karyawannya yang ia pikir seorang pria.

Selain itu, "Weightlifting Fairy Kim Bok Joo" juga bisa menjadi tayangan yang tak boleh dilewatkan dengan kelakuan para atlet mudanya yang mengocok perut.
 
"What's Wrong With Secretary Kim" dan "Start-Up" (HO/Netflix)


ENFJ
ENFJ senang bersosialisai dan menghabiskan waktu bersama orang lain. Tayangan yang dapat ditonton secara virtual dan didiskusikan dengan teman merupakan pilihan yang tepat bagi Anda. Jika Anda dan teman-teman menikmati pesona Park Seo-jun yang memikat hati, maka "What's Wrong With Secretary Kim" bisa menjadi bahan yang tepat untuk dibicarakan.

Selain itu, serial "Start-Up" juga bisa menjadi bahan diskusi yang menarik ketika Anda dan teman-teman mencoba memilih antara #TimDoSan atau #TimJiPyeong.
"The King: Eternal Monarch" dan "Vagabond" (HO/Netflix)


Baca juga: Tujuh karakter pria berhati emas di drama Korea

Baca juga: Tujuh drama Korea baru yang jadi "comeback" para aktor kawakan


ESTP
Sebagai sosok yang energik dan mengutamakan aksi, ESTP cenderung lebih mudah merasa bosan. Anda cocok menyaksikan drama dengan aksi dan misteri yang sanggup memancing rasa penasaran Anda dari awal hingga akhir. "The King: Eternal Monarch" akan menarik perhatian Anda dengan kisah seorang raja di zaman modern yang melintasi dunia paralel untuk melawan rencana jahat pamannya.

Selain itu, Anda juga bisa dibuat berdebar dengan aksi-aksi laga di "Vagabond" yang menceritakan upaya seorang stuntman dalam mengungkap kebenaran di balik kematian keponakannya.
"Search WWW" dan "Itaewon Class" (HO/Netflix)


ESTJ
ESTJ memiliki bakat kepemimpinan yang alami. Sebagai individu yang percaya diri dan pekerja keras, ESTJ akan menikmati karakter yang kuat dan gigih. "Search WWW" menceritakan tiga wanita cerdas dan mandiri yang bekerja di sebuah perusahaan portal web.

Karakter utama di "Itaewon Class" juga bisa menjadi panutan Anda dengan sifatnya yang tidak mudah menyerah walau harus menghadapi keadaan yang sulit dan ketidakadilan di sekitarnya.
 
"My Love from the Star" dan "Fight for My Way" (HO/Netflix)


ESFP
Spontan dan mudah berbaur, ESFP sering kali dianggap sebagai mood booster dalam kelompok sosial mereka. Tayangan komedi romantis akan cocok dengan persona Anda, seperti kisah cinta yang lucu sekaligus romantis mengenai seorang aktris ternama dan alien di "My Love From the Star".

Selain itu, "Fight for My Way" juga merupakan komedi romantis yang inspiratif dan lucu mengenai sekelompok teman yang terus berjuang mengejar mimpi mereka.
 
"Mystic Pop-up Bar" dan "Romance Is a Bonus Book" (HO/Netflix)

ESFJ
ESFJ memiliki hati yang lembut dan senang berinteraksi dengan orang lain, sehingga tak heran jika Anda menyukai drama Korea dengan kisah-kisah yang menyentuh hati. Lewat serial "Mystic Pop-up Bar", Anda dapat melihat bagaimana orang-orang mencoba menyelesaikan berbagai permasalahan dalam hidup mereka. Anda juga dapat menikmati kisah mengenai cinta dan pendewasaan diri dalam "Romance Is a Bonus Book".

Baca juga: Lima karakter Song Joong-ki yang mempesona di drama Korea

Baca juga: Tujuh fakta tentang drakor "River Where The Moon Rises"

Baca juga: Enam drakor terbaru, kisah romantis hingga perburuan psikopat

Oleh Nanien Yuniar
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Korsel apresiasi Indonesia sebarkan budaya pop Korea - Wawancara khusus

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar