Temuan awal perawatan SJ 182, pasokan bahan baku garam kemarin

Temuan awal perawatan SJ 182, pasokan bahan baku garam kemarin

Petugas mengangkat bagian pesawat Sriwijaya Air SJ-182 ke dalam mobil di Dermaga JICT II, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (21/1/2021). Tim SAR gabungan menyerahkan barang-barang temuan dari jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ-182 kepada Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) untuk dilakukan investigasi lebih lanjut. ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/aww.

Jakarta (ANTARA) - Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) mengungkap temuan awal perawatan pesawat Sriwijaya Air SJ 182 yang mengalami kecelakaan hingga pembayaran digital di sektor pariwisata menghiasi pemberitaan sektor ekonomi kemarin. Simak selengkapnya di bawah ini.
 

1. Menparekraf dan BI bahas pembayaran digital bagi pelaku pariwisata

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno bersama Gubernur Bank Indonesia (BI) membahas sistem pembayaran digital QRIS bagi pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif untuk memudahkan transaksi di tengah pandemi COVID-19.

Sandiaga dalam virtual meeting dengan Bank Indonesia, di Jakarta, Rabu, mengatakan pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif membutuhkan dukungan kementerian/lembaga lain. Oleh karenanya, sinergi dengan Bank Indonesia menjadi satu hal yang perlu dilakukan.

 

2. KNKT ungkap temuan awal perawatan pesawat Sriwijaya Air SJ 182

Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) mengungkap temuan awal perawatan pesawat Sriwijaya Air SJ 182 yang mengalami kecelakaan dan jatuh di perairan Kepulauan Seribu, 9 Januari 2021.

“Investigasi menemukan ada dua kerusakan yang ditunda perbaikannya atau Deffered Maintenance Item (DMI) sejak 25 Desember 2020,” kata Ketua Sub Komite Investigasi Kecelakaan Penerbangan KNKT Capt Nurcahyo Utomo dalam konferensi pers virtual di Jakarta, Rabu.

 

3. Anggota DPR ingin Pertamina segera selesaikan pembangunan kilang

Anggota Komisi VII DPR Mulyanto menginginkan Pertamina dapat segera menyelesaikan pembangunan kilang BBM dalam rangka mengoptimalkan kinerja produksi sektor migas dalam negeri.

"Kalau kilang minyak Pertamina beroperasi baik, maka yang akan kita impor cukup minyak mentah sebagai input dari kilang-kilang pengolahan tersebut," kata Mulyanto dalam rilis di Jakarta, Rabu.

 

4. Kemenperin jaga pasokan bahan baku garam untuk sektor industri

Kementerian Perindustrian berupaya menjaga pasokan bahan baku garam yang dibutuhkan oleh berbagai subsektor industri, di mana salah satu industri pengguna garam yang dijaga produktivitas dan daya saingnya adalah industri kertas, sehingga dapat memacu pemulihan ekonomi nasional dari dampak pandemi COVID-19.

“Garam merupakan komoditas strategis yang penggunaannya sangat luas mulai dari industri petrokimia, pulp dan kertas, farmasi dan kosmetik, pengeboran minyak, aneka pangan, hingga untuk konsumsi rumah tangga,” kata Direktur Jenderal Industri Kimia, Farmasi dan Tekstil (IKFT) Muhammad Khayam lewat keterangan resmi di Jakarta, Rabu.

 

5. Menteri Erick larang pegawai BUMN bepergian luar kota pada libur Imlek

Menteri BUMN Erick Thohir mengeluarkan Surat Edaran (SE) mengenai larangan pegawai BUMN bepergian ke luar kota pada libur tahun baru Imlek 2021.

Staf Khusus III Menteri BUMN Arya Sinulingga di Jakarta, Rabu menyampaikan surat edaran itu dalam rangka memutus rantai penyebaran Covid-19 di dalam negeri.

"Sudah keluar surat edaran Kementerian BUMN dari Erick Thohir dan ditujukan ke masing-masing BUMN, untuk melarang karyawan BUMN ke luar kota selama long weekend libur Imlek demi menahan laju Corona," ujarnya.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: M Razi Rahman
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Menhub umumkan ditemukannya CVR Sriwjiaya Air SJ-182

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar