Medan (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan warga Sumatera Utara agar mewaspadai potensi hujan lebat di sebagian wilayah lereng timur, pantai timur dan pegunungan di Sumatera Utara.

ujan di pegunungan tersebut berpotensi dapat menyebabkan banjir, longsor dan angin kencang, kata BMKG dalam keterangan tertulisnya yang diterima Kamis.

Secara umum, siang hari cuaca di Sumut berawan hingga hujan lebat di wilayah Dairi, Karo, Pakpak Bharat, Simalungun, Langkat, Deli Serdang, dan Serdang Bedagai.

Sore hingga malam hari berawan hingga hujan lebat di wilayah Dairi, Karo, Pakpak Bharat, Taput, Simalungun, Langkat, Samosir, Humbahas, Deli Serdang, Toba dan untuk wilayah lain diprakirakan berawan hingga hujan ringan-sedang.

Baca juga: BMKG: Waspadai hujan disertai petir di Sumut

Baca juga: Tahun Baru 2021 di Kota Medan diguyur hujan lebat


Pada dini hari berawan hingga hujan ringan di Deli Serdang, Dairi, Karo, Pakpak Bharat, Taput, Simalungun, Langkat, Samosir, Humbahas dan sekitarnya

Sementara suhu udara 17.0-32.0 derajat celcius, kelembapan udara 60- 98 persen, angin berhembus dari Timur Laut-Barat Daya dengan kecepatan 10-20 km/jam.

Prakiraan gelombang laut di perairan Utara Sabang, Perairan Barat Aceh, Samudera Hindia Barat Aceh, Perairan Nias Sibolga, Samudera Hindia Barat Nias ketinggian gelombang mencapai 1.25-2.5 meter.

Sementara di Selat Malaka Bagian Utara, Perairan Sabang-Banda Aceh, Perairan Meulaboh-Sinabang, Perairan Lhokseumawe, Selat Malaka Bagian Tengah setinggi 0.5-1.25 meter.*

Baca juga: Waspadai hujan disertai badai petir di Sumut

Baca juga: BMKG: Waspadai hujan di pegunungan berpotensi longsor di Sumut

Pewarta: Juraidi
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021