Gugus Tugas COVID-19 Kulon Progo segera vaksin nakes di atas 60 tahun

Gugus Tugas COVID-19 Kulon Progo segera vaksin nakes di atas 60 tahun

Dinas Kesehatan Kulon Progo menerima vaksin COVID-19 jenis Sinovac dari Dinkes DIY. ANTARA/Sutarmi.

Vaksinasi bagi lansia direncanakan terlaksana pada minggu ini
Kulon Progo (ANTARA) - Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, segera melakukan vaksinasi terhadap tenaga kesehatan (nakes) dengan usia di atas 60 tahun atau lansia pada pekan ini.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kulon Progo Baning Rahayujati di Kulon Progo, Kamis, mengatakan target vaksinasi nakes usia di atas 60 tahun atau lansia dikhususkan bagi dokter yang masih mempunyai izin praktik yang jumlahnya sekitar 10 orang.

"Vaksinasi bagi lansia direncanakan terlaksana pada minggu ini. Hal tersebut merujuk karena telah terbitnya izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) tentang keamanan vaksin Sinovac bagi lanjut usia," kata Baning.

Baca juga: 3.160 nakes di Kulon Progo diprioritaskan mendapat vaksin COVID-19

BPOM telah menerbitkan izin penggunaan darurat atau emergency use authorization (EUA) beberapa waktu lalu. Dengan izin tersebut maka vaksin COVID-19 buatan Sinovac bisa diberikan kepada lansia.

Semula para lansia memang masuk dalam kelompok yang mendapat vaksin bersama dokter dan petugas publik. Namun karena belum ada data yang cukup dari uji klinis tahap ketiga untuk lansia, BPOM sempat melarang penyuntikan vaksin Sinovac pada lansia.

Baning mengatakan vaksinasi bagi tenaga kesehatan tahap pertama belum semua mendapat penyuntikan vaksin. Sebagian di antaranya terpaksa harus ditunda dan terdapat pula yang tidak memenuhi syarat.

Baca juga: 200 ribu warga Kulon Progo diprioritaskan mendapat vaksin COVID-19

Dari perkembangan hingga Selasa (9/2), total sasaran vaksinasi di Kulon Progo tercatat mencapai 3.499 orang. Dari jumlah tersebut sebanyak 3.063 orang telah melakukan registrasi orang dan 2.439 orang telah disuntik vaksin. Namun demikian ada sebanyak 375 orang yang harus ditunda dan 249 orang tidak memenuhi syarat.

"Untuk tenaga kesehatan yang ditunda vaksinasinya kami harapkan bisa selesai di minggu-minggu ini," harap Baning.

Baca juga: Pasien terkonfirmasi COVID-19 di Kulon Progo mencapai 2.321 kasus

Baca juga: Dinkes Kulon Progo terkendala tenaga medis dirikan rumah sakit darurat


Pewarta: Sutarmi
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Vaksin tiba, pemerintah upayakan pasokan lewat kemitraan-kemitraan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar