Menteri Nadiem harapkan siswa SMK di Papua berpikir kewirausahaan

Menteri Nadiem harapkan siswa SMK di Papua berpikir kewirausahaan

Suasana siswa menyambut kedatangan Mendikbud di Sorong, Kamis (11/2). ANTARA/Ernes Kakisina.

bagaimana membuat produk untuk dijual
Sorong (ANTARA) - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim berharap siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Papua berpikir kewirausahaan guna meningkatkan Sumber Daya Manusia yang unggul.

"Setiap siswa SMK harus berpikir kewirausahaan bagaimana membuat produk untuk dijual sebab dengan cara tersebut siswa SMK dapat meningkatkan perekonomian serta Sumber Daya Manusia yang unggul," kata Nadim di kota Sorong, Kamis.

Dia mengatakan bahwa SMK harus terus melakukan pengembangan minat kewirausahaan pada siswa sehingga mereka dapat memanfaatkan potensi yang ada untuk menghasilkan produk untuk dijual.

Baca juga: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tinjau sekolah di Sorong

Baca juga: Anak-anak lima distrik di Sorong minim pendidikan

Karena itu, kata dia, peran kepala sekolah penting untuk memajukan sekolahnya melalui inovasi pembelajaran, sehingga menciptakan wirausaha kreatif.

Ia menjelaskan bahwa SMK dan SMA memiliki metode pembelajaran yang berbeda. Khusus SMK siswa dan para guru harus bersama-sama mewujudkan sekolah tersebut suasana kewirausahaan agar bisa menghasilkan produk terbaik untuk kehidupan masyarakat.

Sebab SMK harus mempersiapkan tenaga-tenaga yang profesional di bidangnya, agar mampu bersaing secara global.

Karena itu, kata dia, guna meningkatkan mutu peserta didik yang terampil dan berkualitas perlu adanya kerjasama dengan semua pihak dalam mempersiapkan tenaga kerja yang profesional di bidangnya.

“Siswa SMK akan hebat berpikir kewirausahaan tergantung pada kepala sekolah dan para guru sebagai pendidik serta kemampuan siswa untuk maju," ujarnya.

Baca juga: Pengamat: Ada karakter bangsa dalam kearifan lokal Papua di sekolah

Baca juga: Pembelajaran saat pandemi di Papua mesti kedepankan penguatan karakter

Pewarta: Ernes Broning Kakisina
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar