Vaksinasi dosis pertama tahap pertama sudah terlaksana dengan baik dan lancar
Cikarang, Bekasi (ANTARA) - Satgas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, mencatat sebanyak 10.418 tenaga kesehatan di daerah itu telah divaksin COVID-19 Sinovac pada vaksinasi dosis pertama.

"Vaksinasi dosis pertama tahap pertama sudah terlaksana dengan baik dan lancar. Sekarang kita siapkan vaksinasi dosis kedua," kata Wakil Juru Bicara Satgas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Bekasi Masrikoh di Cikarang, Kamis.

Ikoh sapaan akrabnya mengatakan dari total 10.460 tenaga kesehatan yang telah terverifikasi di wilayahnya, hanya 10.418 yang menerima suntik vaksin dosis pertama.

Baca juga: 9.343 tenaga kesehatan di Kabupaten Bekasi telah divaksin COVID-19

"Jadi ada kekurangan 42 vaksin. Sebenarnya tenaga kesehatan di kami totalnya ada 15.000 lebih tapi baru dikasih 10.460, dikurangi lagi 42 yang kurang," ucapnya.

Dia mengatakan bagi tenaga kesehatan yang belum menerima suntik vaksin dosis pertama akan diikutsertakan pada periode vaksinasi tahap selanjutnya.

"Ya bareng dengan tahap berikutnya," katanya.

Baca juga: Bupati Bekasi batal divaksin Kamis ini karena sakit batuk

Satgas COVID-19 Kabupaten Bekasi berencana melaksanakan vaksinasi dosis kedua setelah menyelesaikan distribusi vaksin ke sejumlah fasilitas kesehatan yang ditunjuk untuk melakukan vaksinasi dosis pertama sejak 14 hari lalu.

"Hari ini pelaksanaan vaksinasi tahap kedua (dosis kedua)," katanya.

Pemerintah Kabupaten Bekasi pada Jumat (5/2) pekan lalu menerima alokasi 8.920 dosis vaksin COVID-19 untuk pelaksanaan vaksinasi yang dimulai hari ini.

Baca juga: 118 tenaga kesehatan Kota Bekasi divaksin Sinovac

"Alokasi tersebut sudah kami distribusikan ke seluruh fasilitas kesehatan yang melakukan kegiatan vaksinasi saat ini," katanya.

Ikoh mengaku tambahan 8.920 dosis vaksin ini untuk melengkapi 12.000 dosis vaksin serupa yang telah dikirim sebelumnya.

"Sesuai alokasi data yang diusulkan Dinkes Kabupaten Bekasi. Jumlah tenaga kesehatan 10.450 orang ditambah influencer 10 orang menjadi 10.460 orang. Setiap orang mendapat dua dosis dalam dua tahap penyuntikan sehingga vaksin yang dibutuhkan sebanyak 20.920 dosis," kata Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan pada Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat Juanita Paticia Fatima.

Baca juga: Belum ada distribusi, vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Bekasi diundur

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2021