Libur Imlek Polri gelar "swab" antigen gratis cegah COVID-19

Libur Imlek Polri gelar "swab" antigen gratis cegah COVID-19

Kepala Korlantas Polri Irjen Pol Istiono menyapa pengemudi yang akan mengikuti swab antigen gratis di KM 19 Tol Jakarta-Cikampek, Bekasi, Jawa Barat, Kamis (11/2/2021). ANTARA/HO-NTMC Polri/am.

Jakarta (ANTARA) - Korlantas Polri bersama Polda Metro Jaya mengadakan tes swab antigen gratis di rest area di Tol Jakarta-Cikampek untuk mencegah penyebaran COVID-19 di masa libur Imlek.

Kepala Korlantas Polri Irjen Pol Istiono memantau pelaksanaan tes swab antigen tersebut di KM 19 Tol Jakarta-Cikampek.

"Saya meninjau drive thru 'swab' antigen gratis yang digelar oleh Polda Metro Jaya. Di sini ada Dirlantas Polda Metro Jaya dan Kabag Ops. Ini digelar di KM 19," kata Irjen Istiono melalui keterangan resmi, Jakarta, Kamis.

Swab antigen gratis ini dilakukan dengan sistem drive-thru. Pengemudi yang hendak mengikuti swab antigen akan diarahkan ke lokasi tes swab tanpa harus turun dari mobil.

Selama setengah jam pelaksanaan swab antigen berlangsung, tercatat ada 25 pengemudi mobil yang menjalani swab antigen dan dari jumlah tersebut, ada satu orang yang hasil tes-nya menunjukkan reaktif dan diminta putar balik untuk nantinya ditindaklanjuti dengan tes swab PCR.

Baca juga: Liburan Imlek Korlantas gelar swab antigen acak di rest area tol

Baca juga: Kakorlantas cek penerapan prokes PPKM Mikro di Terminal Pulo Gebang


Ada 25 tenaga medis dari Kedokteran Kepolisian (Dokpol) Polda Metro Jaya yang dilibatkan dalam swab antigen gratis ini dengan target 100 sampai 200 orang yang menjalani tes.

"Tadi sudah dilakukan selama kurang lebih setengah jam ya, ada kurang lebih 25 orang (menjalani tes). Dan yang terindikasi reaktif itu satu orang dan ternyata bersama rekan-nya juga. Oleh karena itu, kami haruskan untuk putar balik dan tidak membuka masker agar segera ditindaklanjuti dengan 'PCR'," ujarnya.

Tidak hanya di area-area peristirahatan di tol, swab antigen gratis ini juga diadakan di tempat-tempat lain yang menjadi titik-titik perbatasan Jakarta, Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Swab antigen gratis akan digelar selama empat hari sejak Kamis (11/2) hingga Minggu (14/2).

"Polda Metro akan melakukan kegiatan ini selama empat hari sampai arus balik libur Imlek. Jadi ini sebuah protap yang dilakukan selama libur panjang. Selain digelar di Jakarta, Jawa Barat dan Jawa Tengah. Bukan di titik ini saja, tapi di perbatasan-perbatasan ini. Ada program PPKM yang memang harus kami antisipasi yaitu antardesa, antarkota juga kami lakukan 'swab' antigen gratis ini terutama untuk antisipasi libur panjang," tutur-nya.

Kakorlantas Istiono menaruh perhatian serius dalam masa libur panjang ini dengan terus memantau hasil pelaksanaan swab antigen ini setiap harinya guna menekan penyebaran COVID-19. Hal ini lantaran jumlah kasus baru COVID-19 kerap naik pada masa libur panjang.

"Perkembangannya kami pantau di lapangan, untuk titik-titik berkerumun-nya masyarakat, terutama konsentrasi ekonomi, wisata ini harus kami jaga. Dan ini kami pantau terus," ujar mantan Kapolda Babel ini.

Istiono memprediksi bahwa hari ini merupakan puncak arus mudik libur Imlek. Pihaknya memastikan pengamanan arus lalu lintas liburan Imlek disiapkan dengan maksimal.

"Hari ini sebagai puncak arus mudik libur Imlek, kemudian hari Minggu (puncak) arus baliknya. Ini kami all out, berikan pengamanan juga, jaga kesehatan, keselamatan, terapkan prokes," kata jenderal bintang dua ini.

Baca juga: Korlantas siap benahi tilang elektronik karena dikritik DPR

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Kakorlantas & Dirjen Hubdat awasi ketat pelaku perjalanan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar