Kupang (ANTARA) - Kejaksaan Tinggi Nusa Tenggara Timur melakukan penangkapan terhadap dua orang tersangka terkait kasus jual beli aset tanah seluas 30 hektare milik Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat di Labuan Bajo.

Kepala Seksi Penerangan Hukum dan Humas Kejaksaan Tinggi NTT, Abdul Halim yang dihubungi di Kupang, Kamis mengatakan, kedua tersangka yang ditangkap itu berinisial ZD dan HF.

Menurut Abdul Hakim keduanya ditangkap karena memberikan keterangan palsu kepada penyidik Kejaksaan NTT saat diperiksa sebagai saksi dalam kasus pengalihan aset tanah di Labuan Bajo.

Baca juga: Berkas perkara kasus tanah Labuan Bajo dinyatakan P-21

Baca juga: Penahanan bupati Manggarai Barat tunggu izin menteri dalam negeri


Abdul Hakim menambahkan, keterangan yang diberikan kedua saksi saat sidang praperadilan yang diajukan tersangka Bupati Agustinus Ch Dulla berbeda dengan keterangan yang diberikan ketika keduanya diperiksa penyidik Kejaksaan Tinggi NTT sebagai saksi.

"Ada pemalsuan keterangan yang dilakukan kedua tersangka ini," kata Abdul Hakim.

Ia mengatakan, kedua tersangka merupakan saksi yang telah dimintai keterangan oleh penyidik Kejaksaan Tinggi NTT dalam kasus pengalihan aset tanah seluas 30 hektare di Labuan Bajo.

Menurut dia, salah satu dari dua tersangka yang diamankan itu merupakan pegawai Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Barat yang ditangkap di salah satu rumah pengacara di Kota Kupang.

Sementara salah satu tersangka yang diringkus itu merupakan anak dari salah satu tersangka dalam kasus penjualan aset tanah di Labuan Bajo yang telah meninggal dunia.

"Keduanya masih menjalani pemeriksaan oleh penyidik Kejaksaan NTT," kata Abdul Hakim.  

Baca juga: Kejati tahan lagi satu warga negara Italia terkait kasus Labuan Bajo

Baca juga: Penyidik Kejaksaan NTT periksa Bupati Manggarai Barat selama 10 jam


 

Pewarta: Benediktus Sridin Sulu Jahang
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2021