Cara jaga kebersihan tangan tanpa korbankan kelembapan kulit

Cara jaga kebersihan tangan tanpa korbankan kelembapan kulit

Ilustrasi (Pixabay)

Jakarta (ANTARA) - Menjaga kebersihan tangan salah satu hal krusial selama pandemi COVID-19, hand sanitizer jadi barang yang wajib dibawa ke mana pun ketika keluar rumah. Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin RS Universitas Indonesia Irma Bernadette memberikan kiat untuk menjaga kebersihan tangan tanpa mengorbankan kelembapan kulit. Dia menganjurkan cuci tangan dengan air dan sabun jika tersedia, bila tidak ada baru pakai hand sanitizer.

"Ketika di rumah tidak usah pakai hand sanitizer, lebih baik pakai sabun berpelembap, lalu pakai lagi pelembap," kata Irma dalam bincang virtual, Kamis.

Baca juga: Hand sanitizer tak efektif cegah corona jika salah menggunakannya

Memakai pelembap setiap selesai mencuci tangan bisa jadi cara untuk menghindari kulit kering. Dia mengatakan, pemilik kulit yang cenderung kering bisa lebih mudah mengalami iritasi saat memakai hand sanitizer karena mengandung alkohol, meski tidak semua pasti mengalaminya. Oleh karena itu, Irma menyarankan untuk memilih hand sanitizer yang paling nyaman untuk masing-masing individu.

Cermat dalam melihat bahan-bahan yang terkandung dalam hand sanitizer, dan pilihlah yang mengandung gliserin untuk membuat kulit lebih lembap. Meski sudah memakai hand sanitizer yang mengandung gliserin, Anda juga boleh mengoleskan lagi pelembap setelahnya.

"Pakailah hand sanitizer sebelum atau setelah menyentuh barang," tambah dia.

Ada beberapa tahap mencuci tangan yang benar, mulai dari menggosok kedua telapak tangan dengan sabun, kemudian menggosok punggung tangan kanan dengan telapak tangan kiri maupun sebaliknya. Selanjutnya, bersihkan sela-sela jari, letakkan punggung jari saling mengunci kemudian gosok-gosokan punggung tangan, lanjut jempol tangan digosok memutar oleh tangan kiri dan sebaliknya terakhir jari kiri menguncup, gosok mundur ke kanan dan kiri pada telapak kanan dan sebaliknya.


Baca juga: Waspada saat beli "hand sanitizer", periksa kandungannya

Baca juga: Alasan jangan gunakan "hand sanitizer" sepanjang waktu

Baca juga: Perkuat J3K, Gojek sedia hand sanitizer Lifebuoy di puluhan ribu GoCar

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Pemkot Jayapura serahkan 100 tandon air bagi pengelola objek wisata

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar