Kelemahan dari pengajian tersebut, yakni budaya berjabat tangan masih tinggi.
Kulon Progo (ANTARA) - Sebanyak 35 jamaah dari 58 jamaah pengajian di Desa Jangkaran, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, terkonfirmasi positif COVID-19, sehingga total kasus COVID-19 di wilayah ini menjadi 2.448 kasus.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kulon Progo Baning Rahayujati di Kulon Progo, Jumat, mengatakan saat ini muncul klaster baru, yakni jamaah pengajian di Desa Jangkaran.

"Berdasarkan data yang masuk, ada 58 jamaah pengajian yang terkonfirmasi COVID-19, dengan rincian 39 orang dengan gejala, dan 19 orang tidak bergejala. Dari 39 bergejala, 35 diantaranya dinyatakan terkonfirmasi COVID-19, dan lima diantaranya dirawat di RSUD Wates," kata Baning.

Ia mengatakan kegiatan pengajian di Desa Jangkaran ini rutin dilakukan setiap minggu sekali. 'Kelemahan dari pengajian tersebut, yakni budaya berjabat tangan masih tinggi. Sehingga potensi terjadi penularan COVID-19 sangat tinggi. Hingga saat ini, petugas sudah melakukan tracing 27 orang, dan 25 orang sudah diambil sampel untuk dikirim ke BBVet Wates."

Baca juga: Gugus Tugas COVID-19 Kulon Progo segera vaksin nakes di atas 60 tahun

Baca juga: Pemkab Kulon Progo ingatkan masyarakat terapkan prokes di keluarga


"Berjabat tangan ini sudah melanggar dari protokol kesehatan. Kami masih melakukan tracing kepada keluarga jamaah yang terkonfirmasi COVID-19," katanya.

Baning mengatakan di Desa Jangkaran, setiap Rukun Tetangga masih berstatus kuning bila berdasarkan kriteria Pelaksanaan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasih mikro.

"Sampai saat ini, belum ada RT/RW di Desa Jangkaran yang berstatus oranye, tapi masih berstatus kuning," katanya.

Berdasarkan Data Dinas Kesehatan Kulon Progo, total kasus terkonfirmasi COVID-19 mencapai 2.448 kasus dengan rincian 49 isolasi rumah sakit, 655 isolasi mandiri, 1.178 selesai isolasi, 523 sembuh, dan 43 meninggal dunia.

"Kami mengimbau kepada masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan. Jangan berjabat tangan terlebih dahulu, memakai masker, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan," harapnya.

Baca juga: 3.160 nakes di Kulon Progo diprioritaskan mendapat vaksin COVID-19

Baca juga: Dinkes Kulon Progo terkendala tenaga medis dirikan rumah sakit darurat

 

Pewarta: Sutarmi
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2021