Jakarta (ANTARA) - Jerawat di garis rahang sering dikaitkan dengan ketidakseimbangan hormon seperti tanda akan menstruasi, namun sesungguhnya masalah kulit ini tidak selalu berhubungan dengan hormon.

Dilansir Boldsky pada Jumat, produksi sebum yang berlebihan dan penumpukan kotoran, bakteri serta sel kulit mati di wajah juga bisa menjadi penyebab munculnya jerawat di garis rahang. Tentu saja hal ini dapat dicegah dengan melakukan beberapa perubahan gaya hidup.

Jangan selalu menyentuh wajah
Secara sadar atau tidak, Anda sering menyentuh wajah khususnya pada bagian garis rahang seperti saat bertopang dagu. Gerakan sederhana ini memindahkan kuman dari tangan ke wajah Anda, yang menyebabkan jerawat.

Jika ingin menyentuh wajah, pastikan mencuci tangan terlebih dahulu untuk mencegah penyebaran kuman dan bakteri serta menghentikan jerawat.

Biarkan kulit bernapas
Jerawat yang menyebar di garis rahang bisa menjadi semakin parah jika Anda mengenakan riasan berlapis. Kebanyakan orang menyembunyikan jerawat dengan menggunakan alas bedak, concealer dan bedak, ditambah lagi dengan pembuatan contouring untuk mempertegas garis rahang.

Meskipun Anda mengira telah mengakali jerawat, hal ini justru sebaliknya. Semua produk riasan menyumbat pori-pori kulit, dan menarik lebih banyak kotoran dan bakteri yang menyebabkan jerawat.

Anda perlu membiarkan kulit bernapas agar sembuh dengan sendirinya. Jadi, biarkan wajah telanjang atau gunakan produk minimal saat jerawat Anda membaik.

Eksfoliasi kulit secara teratur
Pori-pori kulit yang tersumbat dan serangan bakteri adalah dua penyebab paling umum dari jerawat. Eksfoliasi dianjurkan untuk menghilangkan kotoran, minyak, dan sel kulit mati dari wajah Anda untuk membuka pori-pori.

Dengan pengelupasan Anda menghilangkan penyebab utama di balik jerawat. Lakukan eksfoliasi 2-3 kali seminggu dan lakukan perawatan lembut pada kulit Anda.

Gunakan produk anti-jerawat
Salah satu cara terbaik untuk melawan jerawat di garis rahang adalah dengan menggunakan produk yang mengandung bahan anti-jerawat. Bahan-bahan seperti asam salisilat, benzoyl peroxide, dan myristic acid terbukti efektif melawan jerawat.

Ini tidak hanya membantu mengeringkan jerawat dan membersihkan kulit tetapi juga mencegah serangan jerawat di masa mendatang. Jadi, ubah rutinitas perawatan kulit Anda dengan memasukkan produk yang melawan jerawat dan bekerja pada akar penyebab masalahnya.

Jauhi makanan berminyak
Minyak berlebih yang diproduksi di kulit dapat menyebabkan jerawat di garis rahang. Makan makanan berminyak dan makanan yang kaya gula memperburuk masalah ini dan memperparah jerawat.

Untuk mengatasi jerawat di garis rahang, Anda perlu memperhatikan pola makan.bKatakan tidak pada makanan berminyak. Konsumsilah makanan yang kaya vitamin, mineral, dan antioksidan yang membantu Anda melawan berbagai masalah dan menjaga kesehatan kulit yang optimal.

 

Penerjemah: Maria Cicilia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021