kehadiran DETIKDA Papua dipandang penting keberadaannya
Jayapura (ANTARA) - Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Papua Doren Wakerkwa meminta lembaga Dewan Teknologi Informasi Komunikasi Daerah (DETIKDA) Papua untuk mengintegrasikan sistem penyelenggaraan pemerintahan berbasis e-Goverment.

"Pemerintah Provinsi Papua saat ini tengah berfokus mendorong penyelenggaraan pemerintahan berbasis e-Goverment, dimana seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) tingkat provinsi telah mulai membangun layanan berbasis teknologi informasi, namun belum terintegrasi dengan baik antara satu sistem dengan lainnya," ujar Doren Wakerkwa, di Jayapura melalui laman Pemprov Papua, Jumat.

Ia mengatakan, keberadaan DETIKDA termasuk membantu OPD dalam hal-hal yang bersifat teknis, serta ikut berkolaborasi langsung dengan instansi teknis di bidang komunikasi dan informasi atau pun instansi lainnya.

Pj Sekda Doren Wakerkwa mengakui, kehadiran DETIKDA Papua dipandang penting keberadaannya yang memiliki tugas pokok maupun fungsi untuk memberi masukan pada perumusan penyusunan kebijakan atau regulasi daerah di bidang teknologi informasi.

"Hal demikian bertujuan agar meningkatkan daya saing di era digital ini," ujar Doren.

Menurutnya, teknologi informasi dan komunikasi dinilainya ikut berkontribusi dalam penanganan COVID-19, karena digunakan untuk menggerakkan berbagai sektor strategis di tengah keterbatasan untuk melakukan aktivitas serta mobilisasi.

Sebab dalam masa pandemi COVID-19 saat ini, lanjutnya, upaya penanganan virus tersebut sangat berkorelasi dengan teknologi informasi dan komunikasi.

Makanya, hal ini harus pula menjadi perhatian pihak DETIKDA Papua, menurut Doren, agar bisa berkontribusi aktif serta memberikan solusi dan terobosan dalam penggunaan serta pengembangan ruang digital peningkatan pelayanan di Provinsi Papua.

"Karena dengan percepatan pembangunan infrastruktur dan konektivitas antarkawasan dalam pembangunan komunikasi serta informasi yang komprehensif dari pusat sampai dengan di pedalaman Papua, diharapkan DETIKDA memberikan andil berupa sumbangsih pemikiran juga solusi," ujarnya pula.

Sebelumnya, Penjabat Sekda Provinsi Papua Doren Wakerkwa melantik Pengurus Dewan Teknologi Informasi Komunikasi Daerah Provinsi Papua masa bakti 2019-2024, disaksikan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Papua Jery A Yudianto dan jajaran.
Baca juga: Kominfo harap kontrak penyediaan BTS 4G Papua diteken bulan depan
Baca juga: BIN: Pembangunan di Papua "on the track"

Pewarta: Muhsidin
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2021