Jam Gadang Bukittinggi ditutup saat libur Imlek 2021

Jam Gadang Bukittinggi ditutup saat libur Imlek 2021

Kawasan Jam Gadang di Bukittinggi ditutup pemerintah Kota Bukittinggi pada Jumat (12/2). ANTARA/Mario S Nasution

Padang, (ANTARA) - Pemerintah Kota Bukittinggi menutup kawasan Jam Gadang yang merupakan tujuan wisata unggulan di sana pada libur panjang Imlek pada Jumat (12/2).

Salah seorang pengunjung, Bambang, di Bukittinggi, Jumat, mengatakan, telah mengetahui tentang penutupan tujuan wisata itu selama akhir pekan ini.
"Ada kawasan Jam Gadang, Taman Margasatwa Kinantan dan Panora serta Lobang Jepang ditutup pemerintah Kota Bukittinggi," katanya.

Salah satu tujuan utama penutupan itu untuk menekan laju penyebaran virus Korona, apalagi selama empat hari terakhir telah menunjukkan penurunan cukup signifikan sementara pengidap Covid-19 yang sembuh cenderung lebih banyak daripada yang tertular.

Sudah bukan rahasia lagi bahwa laju penularan selama ini cenderung meningkat tajam saban libur panjang, salah satunya karena ada banyak kerumunan massa di tempat-tempat wisata.

Baca juga: Bukittinggi tawarkan 10 pilihan destinasi wisata liburan Lebaran

Ia mengatakan, datang ke Bukittinggi untuk menghadiri kegiatan di salah satu di hotel yang ada di kota itu pada Kamis dan Jumat. "Tadi malam saya berjalan-jalan ke kawasan Jam Gadang dan petugas juga mengumumkan kepada warga di kawasan itu terkait penutupan tujuan wisata," kata dia.

Pada Jumat pagi kawasan Jam Gadang terlihat ditutup menggunakan pagar besi setinggi satu meter yang mengelilingi kawasan itu walau sejumlah orang tetap ada di luar pagar sekedar berjalan kaki dan berolahraga berkelompok di depan bangunan Pasa Ateh.

Baca juga: Jam Gadang disterilkan malam takbiran

Sementara warga lain berolahraga di Lapangan Kantin Bukittinggi yang berjarak sekitar satu kilometer dari Jam Gadang. Ratusan warga memanfaatkan fasilitas trek lari yang ada di sana untuk berolahraga pagi di hari libur tersebut.

Sebelumnya, Kepala Bidang Humas Polda Sumatera Barat, Komisaris Besar Polisi Satake Bayu, mengatakan semua tujuan wisata yang di Bukittinggi ditutup saat libur Imlek 2021 pada Jumat (12/2) hingga Minggu (14/2). "Khusus untuk Bukittinggi memang ditutup semua. Itu kesepakatan bersama Forkopimda setempat," kata dia.

Baca juga: Objek wisata Taman Jam Gadang ramai pengunjung
 

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Kenaikan tarif rumah sakit picu inflasi Sumbar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar