Sejumlah DPC dukung Bayu Airlangga sebagai Ketua Demokrat Jatim

Sejumlah DPC dukung Bayu Airlangga sebagai Ketua Demokrat Jatim

Sekretaris DPD Demokrat Jatim Bayu Airlangga. ANTARA/HO-Partai Demokrat.

Surabaya (ANTARA) - Sejumlah pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat di Jawa Timur menyatakan dukungan kepada menantu mantan Gubernur Jatim Soekarwo, Bayu Airlangga sebagai Ketua DPD Demokrat Jatim periode 2021-2026 dalam musyawarah daerah mendatang.

"Dengan pertimbangan untuk kepentingan kemajuan dan kemenangan Partai Demokrat lima tahun mendatang, ada 29 DPC sepakat memberikan dukungan kepada Bayu Airlangga," ujar Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Bojonegoro Syukur Priyanto ketika dikonfirmasi wartawan dari Surabaya, Jumat.

Pihaknya mengklaim telah melakukan beberapa kali pertemuan dan mayoritas sepakat memilih Bayu Airlangga sebagai orang nomor satu di Partai Demokrat Jatim periode 2021-2026.

Pada intinya, kata dia, suara dari bawah ini tujuannya sama dan satu frekuensi untuk membesarkan Partai Demokrat di masa mendatang.

Baca juga: Pengamat: Ketua Demokrat Jatim harus memiliki jaringan sosial kuat

Hal senada disampaikan Ketua DPC Demokrat Kabupaten Mojokerto Ayub Busono Listyawan yang membenarkan adanya pertemuan konsolidasi para Ketua DPC Partai Demokrat se-Jatim.

"Tekad kami sudah bulat dan solid, 29 Ketua DPC sepakat menginginkan dan mengusulkan Bayu Airlangga menjadi ketua," ucapnya.

Sebanyak 29 DPC yang sudah memberikan dukungan yaitu DPC Partai Demokrat Pacitan, Lamongan, Kota Surabaya, Nganjuk, Bojonegoro, Kabupaten Kediri, Sampang, Bangkalan, Pamekasan, Kabupaten Mojokerto, Situbondo, Jember, Bondowoso, Kabupaten Probolinggo, dan Kota Pasuruan.

Kemudian Kabupaten Malang, Kota Batu, Kabupaten Madiun, Kota Madiun, Magetan, Sumenep, Jombang, Sidoarjo, Gresik, Kota Mojokerto, Kota Blitar, Tulungagung, Kabupaten Pasuruan, dan Ngawi.

"Sebanyak 29 DPC ini akan menemui Mas Bayu untuk menyampaikan dukungan dalam musda nanti," tuturnya.

Baca juga: Pengamat: Kader muda lebih berpeluang pimpin Partai Demokrat Jatim

Sementara itu, Ketua DPC Partai Demokrat Nganjuk Fauzi Irwana membenarkan bahwa pihaknya memberikan dukungan untuk memilih Bayu Airlangga sebagai Ketua DPD Demokrat Jatim yang baru.

"Partai Demokrat adalah partai yang menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi, kami dari DPC ingin Ketua DPD yang baru nanti adalah benar-benar usulan dari bawah, bukan ditunjuk dari atas," katanya.

Menurut dia, Demokrat Jatim perlu dipimpin oleh sosok yang mengetahui dan memahami kondisi riil di lapangan dan rajin komunikasi 24 jam untuk mendengarkan serta membesarkan partai.

Sosok Bayu, kata dia, sangat pas memimpin Demokrat karena sejak sebelum menjadi pejabat struktural rutin turun ke daerah-daerah ke DPC-DPC melakukan konsolidasi partai.

"Baik saat ada pilkada maupun tidak Mas Bayu selalu aktif komunikasi dengan kami," katanya.

Baca juga: Kepergian Soekarwo Tak Ganggu Musda Demokrat

Musda Demokrat digelar untuk memilih ketua definitif yang selama ini dijabat seorang Pelaksana Tugas (Plt) setelah Soekarwo mengundurkan diri karena menjabat komisaris utama salah satu BUMN dan berlanjut sebagai anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) sampai sekarang.

Posisinya dijabat Renville Antonio sebagai Plt Ketua DPD Demokrat Jatim, kemudian setelah nama yang bersangkutan dipercaya sebagai Bendahara Umum DPP Demokrat, jabatan diisi oleh Emil Elestianto Dardak yang sekarang tercatat sebagai Wakil Gubernur Jatim.

Sedangkan, Bayu Airlangga saat ini dipercaya sebagai Sekretaris DPD Demokrat Jatim sekaligus duduk di kursi Wakil Ketua Komisi A DPRD Jatim.

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar