Jakarta (ANTARA) - Unggulan teratas Novak Djokovic mengatasi cedera parah saat berusaha mengamankan posisi ke babak 16 besar Australian Open, melawan petenis Amerika Serikat Taylor Fritz selama tiga jam 25 menit dengan skor akhir 7-6(1), 6-4, 3-6, 4-6, 6-2 di Rod Laver Arena, Jumat.

Juara Grand Slam awal musim sebanyak delapan kali ini tampak dalam masalah serius karena cedera yang muncul saat set ketiga di tubuh bagian kanannya, yang setelah diobservasi diketahui terjadi sobekan di otot abdomen kanan.

"Saya tidak pernah meneteskan air mata (karena cedera), dan masih belum jelas apakah saya bisa ke lapangan dalam dua hari, semoga saya bisa bermain," kata Djokovic seperti dilansir Reuters.

Baca juga: Djokovic habiskan 3,5 jam untuk lalui babak kedua Australian Open

Fritz, unggulan ke-27, merebut set ketiga dan sempat memimpin pada set keempat. Namun pertandingan dihentikan sementara karena petugas keamanan menggiring penonton untuk keluar dari Rod Laver Arena seiring dengan aturan darurat lockdown selama lima hari yang dimulai pada tengah malam di Melbourne.

Tetapi penghentian itu membantu Djokovic untuk mendominasi set kelima, bangkit dari empat gim terakhir dengan akurasi baseline khasnya.

Baca juga: Hasil Australian Open: Djokovic dan Serena lolos ke babak kedua

Jika ia mampu pulih dalam dua hari, maka lawan selanjutnya di babak keempat yang dilaksanakan hari Minggu adalah Milos Raonic.

"Secara mental dan emosional saya merasa luar biasa, sungguh melegakan untuk melakukan ini dalam kondisi yang saya alami. Itu adalah salah satu momen terbaik dalam karir saya dalam keadaan seperti ini," pungkasnya.

Baca juga: Thiem atasi Kyrgios melalui laga epik tiga jam di babak ketiga
Baca juga: Zverev tampil agresif ladeni Mannarino di babak ketiga
Baca juga: Kokkinakis tak kapok hadapi pertandingan panjang dan melelahkan

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2021